Rabu, 09 Desember 2009

Mereka Meragukan Shahih Bukhari Dan Imam Bukhari??? (Diskusi)

Imam Bukhari adalah sosok ulama yang sepakat umat Islam untuk berhujjah dengan hadits-hadits yang terdapat dalam kitab Sahih Bukhari karangan beliau -semoga Allah merahmatinya- namun sangat mengerankan ketika ada yang mencoba melemparkan kerancuan bahkan tuduhan palsu tentang beliau. Dibawah ini adalah jawaban yang bermanfaat bagi yang meragukan Shahih Bukhari dan kapabilitas Imam Bukhari dalam masalah hadits.

Penanya:
Kita jg perlu bertanya, kalau memang imam Bukhari menghafal 600 rb hadits, kemana semua itu, sementara yang beliau ra bukukan tidak sampai 20 rb?

Untk mengetahui kmana ratusan rb hadits lainx, msti ada pnjabaran dulu ya? Ya, anggap saja sdh dijabarkan, terus apa sdh terjawab pertanyaan saya? Ya, anggap sj sy tdk bs menjabarkan krna tdk tau sejarahnya, apa lantas pertanyaan sy nda perlu dijawab? Heran jg, dgn kbiasaan kayak gini, ktika ditanya malah balik brtanya dan mengalihkan persoalan...

Lha, brtanya kok dibilang merusak nama baik ulama, lagian bgian mana dr pertanyaan saya yg nyeleneh? Bukankah brtanya bgian dr pmbelajaran juga? Aneh juga kalau kita sama sekali tdk brtanya, bukankah salah satu metode Al Qur'an untk lbh mudah dipahami ayat2nya adalah memulainya dgn brtanya? Blng aja gak tau kalau memang gak tau, g usah alihkan persoalan gitu?

Oh bgtu ya? Rasulullah itu ditanya ttg kiamat bkn ttg mana hadits2 yg dihafal imam Bukhari lainx, konteksx brbeda dan jgn disamakan... Oh iya orang yg lbh paham itu siapa? Tolong disampaikan siapa sj mrka, sy mau brtanya ke mereka aja? Trus grup ini dibuat untk apa ya? Bukanx sbgai tmpat slng mengingatkan dan belajar bersama? Kalau bukan, ya sy salah tmpat kalau gitu ^_^ *kayakx ini tmpat buat mrka yg tlh brhenti belajar dan sdh pd pinter2*

Akhi, kok ini disebut pertarungan? Dalam kitab At Taqribnya Imam Nawawi beliau menulis dlm kitab al Jami' as Shahihnya Imam Bukhari trdapat total 7.275 hadits dan 4 rb hadits tanpa pngulangan. Kalau smua hadits di kutubussittah digabungkan dan dihitung totalnya tdk sampai 100 rb hadits. Bgtupun jika smua hadits yg trtulis dlm 15 karya imam Bukhari ditotalkan tdk akan smpai 100 rb hadits. Salahkah jika kita brtanya kmana hadits yg dihafal imam Bukhari lainnya? Dalam mukaddimahnya, imam Bukhari hanya menulis, 'bnyk hadits yg kutinggalkan (tdk ditulis) krna khawatir membosankan'. Kalau trnyata hadits shahih yg tdk ditulis dan tdk sampai kekita lbh bnyak, apakah ini tdk trmasuk pngkhianatan intelektual?? Sory kalau mengganggu. Iradt, thanks doanya...

Jawaban:

maaf klo turut nimbrung.... buat diskusi kalian ya... saya tau klo daeng matutu memulai nulis di wall untuk mengundang di forum diskusi. tp alangkah baiknya klo ditulis di discussion saja.
sebenarnya aq mau tanya ke ustasah nisa di halaman berapakah di mukaddimah shohih bukhari imam bukhari mengatakan 'bnyk hadits yg kutinggalkan (tdk ditulis) krna khawatir membosankan'?

Penanya
Salam. Ya demi masa, smg kita tdk trmasuk yg larut dalam kesia2an. Mas Kaisar, baca sj dalam mukaddimah shahih beliau gak bnyk2 amat kok, atau dlm edisi trjemahan gak ditulis? Kalau gak ditulis, bc sj biografi beliau, yg menulis biografi bliau scr jujur insya Allah menukil pngakuan bliau ra tsb.

Jawaban:
masalahnya ustasah sih yg bilang gitu jadi aq mau cross check dihalaman itu? supaya saya boleh tau juga apakah ustasah benar2 membaca bukunya Imam Bukhari itu especially muqaddimah sahih bukhari tsb! kan nggak masalah klo ustasah kasih tunjuk halamannya klo emang sudah baca. gmn? saya tunggu yah?

Penanya:
Hal 7 trbitan Lebanon edisi bhs Arab...
04 December at 00:59

(orang ketiga)
^Chaadz: namanya saja tidak tahu akhi, kan harus belajar. salah satu sarana belajar ya bertanya. atau jangan-jangan bertanya diharamkan di sini?
^Iradt: wah wah wah ada ujian hafalan hadist ya?
^Annisa: Mantap ukhti, syukron infonya.
^Kaisar: hehehe, emang bagusnya di post di discussion ya, bukannya di wall.

Jawaban:
bismillah alhamdulillah washalatu wasslamu ala rasulillah.semoga Allah memberi petunjuk kepada kita untuk selalu berkata jujur.
buat mbak annisa az zahira (maaf saya sudah tidak berani memanggil anda dengan panggilan ustadzah). setelah saya mencoba menelah petunjuk anda pada komen diatas bahwa Mas Kaisar, baca sj dalam mukaddimah shahih beliau gak bnyk2 amat kok. kemudian saya mencoba mengingat2 shahih bukhari yang terjemahan lalu melihat kitab edisi arab ternyata shohih bukhari TIDAK ADA MUQADDIMAHnya!!! Imam Bukhari langsung menulis setelah mengatakan bismillahirrahmanirrahim, kitab al wahyu, lalu hadits2 yang beliau tulis!!! sahih bukhari adalah kumpulan hadits2 dan periwayatannya lho mbak!!! masih penasaran saya mencoba untuk bertanya kepada orang yang ahli dalam bahasa arab dan alumni fakultas hadits biar lebih jelas. rupa2nya mbak annisa mengatakan keBOHONGAN!!! BOHONG!!! BOHONG Rupanya anda tidak pernah membaca shohih bukhari lalu mencoba mebuat statement buruk terhadap beliau. subhanallah hadza buhtanun adzhim!!!
saya nasehatkan kepada anda untuk senantiasa berbicaraa dgn dilandasi ilmu! bukan dengan dibangun diatas ke-sok tau-an krn anda akan jadi MALU sendiri dengan ulah anda. selain itu anda harus mempertanggung jawabakan dosanya disisi ALLAH.
klo saya mengamati alur diskusi mbak nisa kyaknya mirip banget dg mas ismail amin dahulu... jadi seandainya anda adalah nama lain dari ismail ataupun bukan. saya mengajak anda untuk bertaubat kepada Allah untuk kembali kepada jalan ahli sunnah yaitu orang2 yang membangun aqidahnya diatas kaidah2 yang jujur. dan ber terus terang. buat apa orang mengatakan kita "intelektual" klo semua dibangun diatas kebohongan belaka!!! siapa sebenarnya yang melakukan pengkhianatan intelektual??? jangan2 ini mirip orang "maling teriak maling"!!! wahai kawanku, kembalilah ke jalan haq jalan ahli sunnah agar kelak di hari kiamat anda tidak termasuk orang yang merugi.... smg Allah memberi petunjuk kpd anda.

Penanya:
Bismillahirrahmanirahim, smg kita trhndar dr ketergesa-gesaan yg merupakan salah 1 sifat syaitan.
Salam. kitab shahih buhkari tidak ada mukaddimahnya ya?, baru
tahu tuh. Ya setelah saya baca kembali, mukaddimah dalam kitab shahih
beliau, bukan beliau yang menulis. Baca baik2, kitab ditangan ente,disitu tertulis,
Mukaddimah Al-Ta'rif, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al Bukhari
(194-256 H), ada 9 halaman yang menceritakan tentang biografi singkat
Imam BUkhari, mengenai kelahiran, keluarga, jumlah hafalan haditsnya
dan metode beliau dalam menulis kitab shahihnya. Nama lengkap kitab
beliau, Al-Jami'ul as Shahih al Musnad min hadits Rasulullah
shalallahu 'alaihi wasallam wa sunanuhu wa iyaamihi
terbitan Beirut Lebanon, 1400 H. Kalau memang dalam kitab yang ente pegang
tidak ada mukaddimahnya, jangan salahkan saya dong, apalagi sampai
nyebut BOHONG...BOHONG segala, mana pake pamer2 lagi.... Jadi
memang Imam Bukhari dalam menulis kitab shahihnya tidk pake
mukaddimah, mukaddimahnya ditulis oleh orang-orang belakangan untuk
menjelaskan kapabilitas
beliau dalam ilmu hadits beserta pengakuan ulama-ulama
hadits lainnya, karena terdapat di dalam kitab tsb gak salah dong
jika saya menyebutnya mukaddimah shahih bukhari, semuanya juga
nyebutnya gitu kok, searchinng aja pake google dgn keyword "mukaddimah
shahih bukhari". Saya mau tanya, kitab yang ente pegang, tulisan
langsung imam Bukhari ya? sebab cuman kitab langsung beliau saja
yang nda pake mukaddimah, cetakan selanjutnya diberi mukaddimah oleh
murid2nya. Kecuali terjemahan Indonesianya, edisi lngkap saya belum pernah lihat
kecuali kitab2 yang judulya ringkasan shahih bukhari *kok
diringkas2 segala? he..he...* Dan seingatku buku itu jg pake kata pngantar.
Bab I kitab beliau Kitab Bad'al Wahyu (permulaan wahyu)
bukan kitab Al-Wahyu weeeee :-p selanjutnya kitab al Iman, kitab
al-Ilmu dst.... tapi saya nda usah repot2 menyebut ente sok tahu dan
pendusta, ente hanya lg bloon sj membacanya wkkkkwkkkkwwkk
Sblumnya sy disebut konco2nya Ismail skr malah disebut Ismail sndiri. Hindari prasangkaan dan menduga2 mas, bnyak salahnya kata Alloh..
Bagaimana mas, berani tdk lanjutin diskusinya? Sy sudah penuhi prmntaan ente, skr jwb pertanyaan saya, kemana hadits hafalan imam bukhari lainnya? Bayangkan tidak sampai 1/5 hadits hafalan beliau yg beliau tulis. Apa tdk termasuk pngkhianatan intelektual tuh, menyembunyikan lbh bnyak ilmu? Dan pikir efeknya, tdk sdikit yg menybut bnyk hal yg blum atau tdk ada aturannya dlm Islam, pdhl bisa saja hal tsb telah disampaikan nabi tp periwayatan haditsnya sj yg nda sampai kekita. Bgaimana?

Jawaban:
insya Allah, diskusi ini boleh berlanjut jika kita tetap mau rujuk kepada al haq. Bukan diskusi sia2 saja!!! tentu ada kesediaan untuk kembali kepada jalan al haq tentunya. OK.

Penanya:
Ya tafaddal kalau bgtu syeikh Kaisar, slhkan adakan pmbelaan trhadap imam Bukhari, kalau memang manhaj ente benar akan selalu ada pnjelasan yg cemerlang dan memuaskan. Saya siap rujuk kok...bhwa memang imam Bukhari tdk menulis mukaddimah dlm kitab shahihnya, sy mengaku teledor dlm hal ini, tp kalau sy sebutkan kitab shahih Bukhari yg kita kenal saat ini ada mukaddimahnya, saya tdk salah kan? hi...hi...
Oh iya, skdar info, mukaddimah shahih Bukhari dlm beberapa edisi terbitan saya lht ada perbedaan, saran saya, kita tnggalkan pembicaraan mengenai hal ini. Kita fokus pada substansial mengenai hafalan syaikhul hadits Imam Bukhari rahimahullahu ta'ala yg saya persoalkan. Bagaimana? Oh iya, kang Kasman, apa perlu kita minta ke syeikh Kaisar untk minta maaf dulu, atau membrshkan nama sy yg dicemarkan di wall group ini, menybut PENDUSTA adlh tuduhan luar biasa serius, pdhl cuman salah paham saja...

Jawaban:
Alhamdulillah klo mau rujuk, saya juga siap rujuk kok klo saya salah. Gini teh nisa... saya akan jelaskan. nyantai aja bu...
1.Saya kasih tahu sekarang sama teh nisa klo Imam Bukhari memang tdk menulis muqaddimah dlm shahihnya. Right! dan anda sendiri mengaku teledor kan? Alhamdulillah. adapun yang anda lihat adalah syarah (penjelasan) ato ta'liq terhadap sahih bukhari. makanya anda melihat ada muqaddimah dlm sahih bukhari. makanya lagi-lagi saya sangat heran seandainya anda membaca sahih bukhari ataupun syarahnya pasti anda mampu membedakan mana syarah, ta'liq dan sahih bukhari yg ditulis sendiri oleh imam bukhari!
2. Soal mempermalukan anda: krn anda telah komen di depan khalayak. so anda harus malu dg perbuatan anda (mungkin terlalu kasar lg klo saya bilang sok tahu). seharusnya klo ngomong semua harus didasari dgn ilmu lho. Bukan anda tergesa2 (sbgmn nasehat anda sendiri diatas
3. soal ringkas meringkas: kyaknya anda hanya memahami secara parsial2 tanpa mengkaji secara mendalam.
4. kitab al wahyu, sorry salah tulis ni. Saya rujuk kok... ---tahan emosi dulu lah bu... :) -- senyum rileks sikit lah... tak payalah bertegang2.
enter komen lagi kepanjangan.

Penanya:
Mas sy rileks aja dr awal kok, mas sndiri tuh, yg kayak dpt durian runtuh, girangnya bukan main menemukan lawan diskusi lakuin kesalahan, smpai dipamerin segala ... Bedakan jg mas antara teledor dgn berdusta, dan jgn trgesa2 menuduh dan menilai orang.
Sy kok heran dari awal dituduh2 melulu, pertama dianggap konco2nya Ismail, disebut gak bc langsung shahih bukhari, disebut pendusta dan sok tau, yg argumennya kayak sarang laba2, sekarang disebut lagi pemahaman sy parsial tanpa pengkajian mendalam, emangnya semua tuduhan itu pake ilmu mas? Slhkan beri penjelasan tentang hafalan imam bukhari yg tdk dituliskannya? Apakah kita bs menerima hanya karna alasan khawtr bertele2 dan membosankan, smntra apapun dari Rasul tramat brharga buat generasi selanjutnya sbb menjadi hujjah bg kaum muslimin dlm brkeyakinan dan beramal. Tafaddal, kalau mmg ente bisa dan jangan mengalihkan persoalan lg.

Jawaban:
Ok. sebenarnya saya agak risih soalnya komen mbak diatas yg terlalu hiperbolis dan mengada2. soalnya discuss akan berjalan baik jika berkawan diskusi dengan orang2 yang jujur pula. saya tdk katakan anda ismail coba baca lg komen saya diatas dg baik yah! but forget about it!
Well, saya tidak alihkan isyu lho.. menyoal jawapan buat soalan mbak entar dulu.... sabar dikit. saya salut kok dg pertanyaan anda....

penasaran???

nantikan setelah pesan2 yg berikut ini....

Penanya:
Wow, lama bnget pesannya ^_^ ya, kalau gak menuduh, menduga2, itukan lbh2 gak pake ilmu. Ya deh orang jujur, slhkan ajukan jwban...

sabar dulu, tidak usah tergesa2. (biasanya yg kebanyakan punya sifat tdk sabaran itu laki2 mbak).

Jawaban:
Ala kulli hal...
1.Sebagai intelektual muslim yang berdisiplin tinggi (bukan pengkianat intelektual ya) Imam bukhari dalam menyusun kitab sahihnya sangat berhati-hati. Imam Bukhari pernah mengatakan bahwa saya susun kitab Al-Jami' as-Shahih ini di Masjidil Haram, Mekkah dan saya tidak mencantumkan sebuah hadits pun kecuali sesudah shalat istikharah dua rakaat memohon pertolongan kepada Allah, dan sesudah meyakini betul bahwa hadits itu benar-benar shahih" beliau menggunakan kaidah penelitian secara ilmiah dan cukup modern sehingga hadits haditsnya dapat dipertanggung-jawabkan. Dengan bersungguh-sungguh ia meneliti dan menyelidiki kredibilitas para perawi sehingga benar-benar memperoleh kepastian akan keshahihan hadits yang diriwayatkan. Ia juga selalu membandingkan hadits satu dengan yang lainnya, memilih dan menyaring, mana yang menurut pertimbangannya secara nalar paling shahih. Dengan demikian, kitab hadits susunan Imam Bukhari benar-benar menjadi batu uji dan penyaring bagi sejumlah hadits lainnya. Imam bukhari sendiri mengatakan :Saya tidak memuat sebuah hadits pun dalam kitab ini kecuali hadits2 shahih. Bukan hanya beliau, ulama hadits yg datang sesudahnya mengatakan bahwa Imam Bukhari selalu berpegang teguh pada tingkat keshahihan paling tinggi dan tidak akan turun dari tingkat tersebut, kecuali terhadap beberapa hadits yang bukan merupakan materi pokok dari sebuah bab.
bersambung.... (soalnya kepanjangan)
1. anda mengatakan "apakah kita bs menerima hanya karna alasan khawtr bertele2 dan membosankan," maka sesungguhnya hipotesis ini keliru dan tdk dapat diterima karn tdk pernah Imam Bukhari mengatakan bahwa 'bnyk hadits yg kutinggalkan (tdk ditulis) krna khawatir membosankan' sebagaimana anda kutip diatas. silakan lihat kembali penjelasan singkat saya diatas tentang "Metodologi Imam Bukhari dalam Menulis Kitab Haditsnya"! Sehingga dpt ditarik kesimpulan bahwa statement anda ditolak krn tdk valid & tidak memiliki tingkat akurasi yg dipertanggungjawabkan.
2. anda mengatakan "...smntra apapun dari Rasul tramat brharga buat generasi selanjutnya sbb menjadi hujjah bg kaum muslimin dlm brkeyakinan dan beramal...." utk statement anda ini benar!!! saya sepakat dg anda!!! tapi jika dikorelasikan dg statement anda sebelumnya ( yg sdh saya bantah diatas) berarti ada kontradiktif!

maka jawabannya adalah:

benar jika yg membawa hadits itu org asal2an, sembrono, atau ngarang. tapi kenyataannya Imam BUkhari adalah org yg memiliki tingkat kedisiplinan intelektual yg tinggi (lihat kembali penjelasan saya diatas)
3. anda penasaran dg hapalan Imam Bukhari yang lain? pertanyan balik dari saya, siapa yang berprasangka buruk dulu mbak, menduga2, melemparkan tuduhan palsu (berdasarkan komen anda diatas)?? ? klo sama ulama dosanya lebih besar lagi lho!

perlu anda ketahui... 4 your information....

Imam Bukhari tidak hanya punya kitab sahih bukhari! seandainya anda membaca biografinya dg benar niscaya anda dpt melihat kitab2 karya beliau yang lain. hanyasaja diantara semua karyanya tersebut yang paling monumental adalah yg masyhur kita kenal "shahih bukhari"
4. "ternyata imam bukhari tidak hanya punya kitab sahih dan ktab yg lainnya ada banyak! setelah dijelaskan diatas bhw imam bukhari menyeleksi ketat hadits yg dimuat di sahih bukhari so, hapalannya yg lain kira2 kemana ya?
silakan anda bernalar....

Penaya:
Jazakumullahu katsiran syeikh atas jawabannya, sy hargai itu. Perlu sy ingatkan kmbali, sy sdh tulis dikomen2 sebelumnya bhwa imam Bukhari punya puluhan karya, 15 buku yg saya tahu judulnya, bnyk diantaranya juga brupa kitab tarikh. Statement, 'bnyk hadits kutinggalkan krna khawatr membosankan,' sy ingatkan lg itu bkn statement sy, tp perkataan imam Bukhari sndiri yg diriwayatkan beberapa ulama. Trus knapa tdk dpt diterima? Sy sdh searching kegoogle dan membc beberapa artikel mengnai biografi imam Bukhari, pngakuan beliau tsb jg dinukil. Slhkn lht sndiri, yg sy bc artikel brbahasa indonesia kok.
Sy jg tls sblumx kalaupun ditotal smua jumlah hadits yg beliau tls dr semua kitabnya, tdk sampai 20 rb. Karenanya sy brtanya. Trlbh lg dari biografi beliau jg trtulis menurut pngakuannya sndiri beliau hafal 100 rb hadits shahih, kang Kasman malah mengajukan jumlah fantastis 600 rb hadits. Catat, beliau mengaku hafal 100 rb hadits shahih, artinya pnyebutan hadits shahih bukan main2, bliau menyebutnya shahih tentu stlh melewati penelitian dan tahkik trlbh dahulu, dan karna disebut shahih, maka drjat ke100 rb hadits tsb sama, tdk ada pngklasifikasian lg. Lha, knapa yg ditulis cuman 9 ribuan dikitab shahihnya, mending beliau fokus menulis kitab shahih saja daripada repot2 menulis puluhan kitab, apalg kitab tarikh yg malah diacuhkan oleh sejarahwan dan ulama2 tarikh?. Bukan bgtu syeikhuna?
Ralat, bukan 9 rbuan tp 7 rbuan hadits total dgn pngulangan, dan jika tdk dihtung yg tdk berulang, Ibnu Hajar al Asqalani mengajukan jumlah, 2602 hadits. Woww banyak banget...
For all, slhkan lht terjemahan mukaddimah shahih bukhari di kitab yg saya punyai di swaramuslim.net dgn judul Riwayat Hidup Amirul Mukminin fil hadith, dibagian2 akhir slhkan bc pengakuan beliau sendiri, menghafal 100 rb hadits shahih diluar kepala, dan meninggalkan bnyak hadits shahih krna khwatir membosankan. Catet, yg ditinggalkan adlh hadits shahih menurut bliau sndiri, bkn hadits yg drajatx dibwh shahih atau diragukan keshahihannya dan jumlahnya banyak loh... Patutkan gw bertanya? Yg gak mempersoalkan dan mempertanyakan ini, dipertanyakan ghirah ke islamannya.
Silahkan tunjukkan khbatan ente dlm membngun argumentasi, shngga menganggap argumentasi orang lain kayak sarang laba2. Jelas2 sy tulis, bhwa 'khawatr membosankan' adalah pngakuan Imam Bukhari sndiri, eh malah disebut itu statement pribadi sy, hipotesis sy yg tidak valid, keliru dan tdk memiliki tngkat akurasi yg bs dipertanggungjwbkan. Ini maksudnya apa? Kalau imam Bukhari menybut sbuah hadits shahih itu bliau tdk main2, smbrono dan ngarang kan mas.

Jawaban
Bismillahirrahmnirrahim...
1.Klo mau diungkit2 lg baik saya katakan Alhamdulillah sarang laba2 anda yg pertama sudah dirobohkan.
2. anda mengatakan ...'bnyk hadits kutinggalkan krna khawatr membosankan,' sy ingatkan lg itu bkn statement sy, tp perkataan Imam Bukhari sndiri yg diriwayatkan beberapa ulama. Trus knapa tdk dpt diterima?... klo memang imam bukhari yg bilang gitu saya bukannya tdk mau terima!!! tapi pertanyaan balik kepada anda siapa ulama yg mengatakan demikian? di kitab syarh/penjelasan thdp sahih bukhari mana ulama tsb mengatakan bahwa imam bukhari berkata demikian? tunjukkan halamannya supaya saya dpt melakukan cross check!
3. saya telah mencoba mencari2 di swaramuslim Riwayat Hidup Amirul Mukminin fil hadith tp belum dapat2 artikel tsb, mungkin anda dpt membantu menuliskan alamat lengkap semua URL yg telah anda baca!!! supaya boleh lgs di cross check.
4. anda berkata: maka drjat ke100 rb hadits tsb sama, tdk ada pngklasifikasian lg? bukankah saya sdh jelaskan diatas metode imam bukhari dlm menulis khusus kitab shahihnya? bhwa tingkat keshohiannya sgt tinggi! 4UInfo, dlm kaidah2 ilmu hadits ada tingkatan2 dlm kedudukan suatu hadits ada yg paling shohih, shahih dan bahkan dhaif, palsu pun ada. (saya sarankan untuk membuka markazassunnah.wordpress.com untuk belajar banyak tentang hadits distu pun anda boleh bertanya)
5. anda berkata: ...knapa yg ditulis cuman 9 ribuan dikitab shahihnya ... itu berarti anda juga perlu membaca kembali alasan kenapa imam bukhari menulis kitab sahihnya krn sepertinya anda tdk membaca secara keseluruhan sehingga masih bertanya sprti itu!!! mknya saya mengatakan pemahaman anda parsial!!!
6. klo imam bukhari dlm kitabnya yg lain sempat menukilkan hadits lemah. maka tentu imam bukhari adalah manusia biasa. dan diantara aqidah ahli sunnah bahwa tidak ada ulama yg maksum(terbebas dari kesalahan). adapun hadits2 lemah yg pernah ditulis imam buhari, alhamdulillah telah banyak ulama yg menjelaskan kepada kita bahwa hadits tsb lemah. atau sdh banyak yang mentakhrijnya mulai dr ulama hadits terdahulu sampai yg kontomporer pun ada. semisal shahih adabul mufrad!
7. jadi ghirah islam yg bagaimana yg anda maksud? wong, imam bukhari kok sdh diakui kejujurannya! lihat kembali ttg biografi beliau!
8. klo anda memberi info harap anda membawa bukti supaya anda dpt dipercaya. statement anda yg tidak terbukti justru mempermalukan anda dan menunjukkan kesembronoan anda lho. apalagi sentimen isyu negatif anda terhadap imam bukhari justru menjatuhkan kredibilitas anda mbak! krn org kan bertanya siapa anda. org perlu mengetahui jg biografi org yng mengkritik imam bukhari? krn biasanya ulama yg mengkritik imam bukhari tdk se-anarkis kritikan anda yg mempertanyakan apakah IB pengkhianat intelektual? sementara anda sendiri mengaku membaca biografinya yg justru menceritakan kejujurannya! nah ini yg menunjukkan anda mengajukan prasangka buruk kpd imam bukhari!
9. begitulah klo ulama yg terkenal dg kejujurannya dicela dihadapan manusia pasti sang pencela justru merasa malu sendiri atau bahkan dipermalukan sendiri dg tingkahnya. ada pepatah bertawadhula maka nisacaya anda akan jadi bintang yg bisa dilihat di genangan air yg dalam tp sebenarnya dia diatas langit yg tinggi!
10. terakhir, belajarlah bahasa arab, al Qur'an dan ilmu hadits . supaya anda dapat memahami dg baik.

6 komentar:

  1. Wah diskusi yang menarik... saya cuman ingin nimbrung, aneh juga kalau antum tidak bisa menemukan artikel yang dimaksud, searching saja di Google, ketik "Swaramuslim riwayat Imam Bukhari", maka antum akan temukan di bagian teratas dari pilihan site yang ada.

    BalasHapus
  2. Imam Bukhari mengatakan "khawatir membosankan" nukan berarti beliau melakukan pengkhianatan intelektual. Inilah diantara beberapa jawaban yang bermanfaat untung yang kebingungan atau terus mencari2 kelemahan Imam Bukhari:
    1. Imam Bukhari tidak menulis semua hadits shahih yg dihapalkan dlm shahih Bukhari krn hadits2 dlm SB memiliki tingkat keshahihan yg sangat tinggi (sebagaimana dijelaskan dlm dialog diatas) sehingga Imam Bukhari sangat selektif dalam menulis hadits shahih tsb.
    2. Kitab IB tidak hanya SB ada banyak kitab2 lain yg dikarang beliau sbgmn disebutkan diatas. jd otomatis haditsnya dimuat di kitab lain.
    3. Seandainya IB menuliskan semua hadits shahih (mulai dr yg tkt shahihnya tinggi sampai yg agak rendah) yg beliau hapalkan maka bisa dibanyangkan berapa jilid kitab beliau yg bakalan terulis olehnya (mungkin bermeter2 kali ya?) sdh pasti org2 akan merasa bosan membacanya. mk disinilah kejeniusan IB dlm pengambilan keputusannya
    4. Bukti ketawadhuan (rendah hati) Imam BUkhari (IB) krn selalu menganggap bhw masih ada ulama lain juga yg pandai dalam ilmu hadits dan punya pengkabaran tentang hadits shahih juga yang melengkapi Shahih Bukhari. Demikian smg pengkrtik hadahullah bertaubat dan kembali kpd jalan ahli sunnah.

    BalasHapus
  3. memilih frase 'khawatir membosankan' , sudah menunjukkan penilaian Imam Bukhari, bahwa hadits Nabi saww bisa membosankan karena saking banyaknya, seharusnya bilang saja, tidak menulis semua hadits shahih, karena Imam Bukhari sendiri yang bosan nulisnya, mengapa berprasangka sejak awal bahwa pembacanya yang akan bosan. Adakah muslim sejati yang bosan dengan ucapan dan petunjuk2 dari Nabi yang dikasihinya? Termasuk, antum darimana bisa berkesimpulan jika bermeter2 panjangnya sbeuah kitab, orang2 akan bosan membacanya. Coba tumpuk kitab2 yang ditulis mengenai Al-Qur'an dan Sunnah Nabi dari ulama2 terdahulu sampai sekarang, bisakah antum kalkulasikan jumlah dan banyaknya, dan adakah yang mengatakan bahwa tumpukan buku itu membosankan untuk dibaca? apakah antum mau menyamakan Hadits2 Nabi dengan serial Tersanjung yang orang2 sampai bosan menontonnya karena ending ceritanya tak habis2.... Wallahu musta'an...

    BalasHapus
  4. thanks atas kunjungan dan lanjutan diskusi anda. saya ingin katakan kepada anda mulailah untuk berprasangka baik terhadap ulama. sangat mengherankan jika anda selalu membawa tafsir perkataan semisal Imam Bukhari terhadap makna negatif. sementara anda tidak pernah membaca karya dan kontribusinya yang lain. anda hanya cubakan buat mencari setitik kesalahan imam bukhari (seandainya benar2salah) ditengah samudera ilmunya yang begitu luas dan mendalam. sadarlah kawan..... bagaimana ssok imam bukhari bson dalam berkhidmat terhadap islam? ini menunjukkan bahwa anda sepertinya tidak membaca secara keseluruhan bigrafi beliau hingga selesai karena anda terlalu mudah memberi kesimpulan negatif seperti tu. anda hanya mengambil perkataan beliau yang anda anggap dapat enjatuhkan beliau kemudian anda memberikan sebuah makna negatif.... mazhab ahlisunnah sama sekali tidak memaksumkan ulamanya tapi jika ulama difitnah maka ahlisunnahlah rang yang pertama membela para ulama. sekarang saya mau balik bertanya kpd anda apakah anda sendiri sudah membaca semua karya imam bukhari??? wallahu muwaffiq...

    BalasHapus
  5. saya mau bertanya, pantaskah ulama sekaliber Imam Bukhari dengan tumpukan karya-karyanya mengatakan, bosan terhadap hadits2 nabi saww? ini bukan fitnah kan? imam sendiri yang jelas2 menuliskan alasannya mengapa tidak menulis semua hadits yang dihapalnya?

    BalasHapus
  6. ini menunjukkan bahwa anda memang tidak membaca biografi imam bukhari! kecuali pada frase khawatir membosankan! seandainya anda membacanya pasti anda tidak perlu lagi bertanya mengapa tidak menulis semua hadit yg dihapalnya? krn imam bukhari tlh menjelaskan metodologi penulisan shahih bukhari dalam biografinya yg justru anda tunjukkan kpd saya.
    berkali2 saya ulang dalam penjelesan saya bahwa diantara aqidah ahlisunnah waljamaah adalah keyakinan bahwa ulamanya tidak maksum (bebas dari kesalahan) tidak sebagaimana dengan keyakinan syiah rafidhah yang berkeyakinan bahwa imam2 dan ulama mereka maksum (bebas dari kesalahan) meskipun mereka harus berdusta untuk menyembunyikan kesalahan2 ulama2 dan imam mrk demi untuk membela ulama mrk. seandainya anda yang berdiskusi dengan saya memiliki intelektualitas yang tinggi maka pasti akan memahami alur penjelasan saya yang sangat jelas. adapun persoalan pantas tidak imam bukhari mengatakan "khawatir membosankan"???
    maka jawabannya adalah:
    untuk assumsi makna positif saya sudah kemukakan diatas silakan anda telaah kembali. tetapi seandainya perkataan imam ini harus dibawa kepada assumsi makna negatif(meskipun sebenarnya yg beliau maksud bukan konotasi negatif, tetapi untuk mengusir lalat kotor maka kita gunakan asumsi kedua) maka kita katakan bahwa "pantas saja" karena imam bukari pada suatu sisi adalah manusia biasa yang tak luput dari khilaf.tapi ingat bahwa bukan bosan terhadap hadits nabi! sebagaiman pemahaman keliru anda. para ulama saja mengatakan seandainya kita mengamalkan semua hadits dalam shahih bukhari maka niscaya waktu seumur hidup kita tdk cukup utk mengamalkannya. masyaAllah. lalu bagaimana dgn anda???

    BalasHapus