Senin, 30 November 2009

Strategi Asas Syi'ah yang Kedua:

Mengkhususkan perbahasan berdasarkan
sebab turun dan kelahiran nas

Penjelasannya:

Salah satu strategi penghujahan yang tidak lekang daripada Syi'ah ialah mengkhusus dan membataskan sebuah ayat al-Qur'an berdasarkan sebab turunnya ayat tersebut (Asbab al-Nuzul). Strategi yang sama juga digunakan ke atas sebuah hadis berdasarkan sebab lahirnya hadis tersebut (Asbab al-Wurud). Oleh itu kita biasa menemui hujah Syi'ah yang berbunyi: Ayat sekian-sekian turun kerana 'Ali&& dan: Hadis sekian-sekian adalah untuk 'Ali&&

Jawapan Ahl al-Sunnah ke atas Strategi Asas Syi'ah yang Kedua:

Sekali lagi Ahl al-Sunnah memiliki kaedah yang jitu di dalam berinteraksi dengan sebab-sebab turun dan lahirnya nas, iaitu:

Yang diambil adalah keumuman lafazdan bukan kekhususan sebab.

Penjelasannya:

Asbab al-Nuzul bagi sebuah ayat al-Qur'an tidak berperanan mengkhususkannya jika ayat itu sendiri diturunkan dalam bentuk yang umum. Hikmahnya supaya perbicaraan ayat dapat mencakupi semua generasi manusia dan suasana sehinggalah ke Hari Kiamat. Asbab al-Nuzul hanya berperanan membantu kefahaman perbicaraan ayat.

Jika setiap ayat al-Qur'an dikhususkan perbicaraannya berdasarkan sebab penurunannya (Asbab al-Nuzul), bererti ayat-ayat tersebut hanya sah diperlakukan (valid) kerana faktor penyebabnya. Apabila faktor ini telah hilang, maka hilanglah juga nilai perbicaraan ayat (no longer valid).

Contohnya, apabila sebuah ayat yang umum dikhususkan perbicaraannya kerana satu perbuatan tertentu 'Ali bin Abi Thalib yang menjadi sebab turunnya ayat, maka nilai perlakuan ayat akan hilang apabila 'Ali berhenti daripada melakukan perbuatan tersebut. Apatah lagi selepas itu apabila 'Ali meninggal dunia.

Hal ini pasti tidak mungkin berlaku terhadap kitab al-Qur'an al-Karim yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada seluruh generasi manusia sehingga ke Hari Kiamat.

Penjelasan yang sama juga kepada hadis-hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan sebab-sebab kelahirannya (Asbab al-Wurud).

Oleh itu apabila berinteraksi dengan Asbab al-Nuzul dan Asbab al-Wurud, Ahl al-Sunnah hanya mengambil keumuman lafaz dan bukan kekhususan sebab.

Strategi mudah kepada para pembaca:

* Asbab al-Nuzul dan Asbab al-Wurud tidak berperanan mengkhususkan nas yang bersifat umum.

* Hukum atau petunjuk agama diambil berdasarkan keumuman nas dan bukan sebab kelahiran nas.
Selengkapnya...

Selasa, 24 November 2009

Strategi Asas Syi'ah Yang Pertama:

Mengkhususkan nas yang pada asalnya berbentuk umum

Penjelasannya:
Merupakan satu kebiasaan bagi Syi'ah untuk memaksa nas-nas al-Qur'an dan al-Sunnah agar ia khusus ditujukan kepada Ahl al-Bait, radhiallahu 'anhum. Contohnya jika kita mengkaji seluruh al-Qur'an al-Karim, tidak ada satu jua ayat yang secara khusus membicarakan hak kekhalifahan Ahl al-Bait ke atas umat Islam ini. Demikian juga, tidak ada satu jua hadis sahih yang menerangkan hak kepimpinan Ahl al-Bait ke atas umat Islam.
Namun kita dapati Syi'ah mengemukakan pelbagai ayat dan hadis untuk mengangkat diri mereka sebagai golongan yang benar dan Ahl al-Bait sebagai khalifah yang hak. Padahal ayat dan hadis yang mereka kemukakan semuanya berbentuk umum dan tidak khusus merujuk kepada Ahl al-Bait mahupun subjek khalifah.
Jawapan Ahl al-aSunnah ke atas Strategi Asas Syi'ah yang Pertama:

Ahl al-Sunnah memiliki satu kaedah yang baku di dalam memahami dan berinteraksi dengan nas-nas al-Qur'an dan al-Sunnah, iaitu:

Setiap nas hendaklah diambil berdasarkan bentuknya yang asal melainkan wujud petunjuk lain yang mengubah bentuk asal tersebut.

Penjelasannya:
Nas-nas al-Qur'an dan al-Sunnah, ada yang berbentuk umum, ada yang berbentuk khusus, ada yang berbentuk mutlak, ada yang berbentuk membatas, ada yang berbentuk menetapkan, ada yang berbentuk menafikan, ada yang berbentuk doa, ada yang berbentuk anjuran, ada yang berbentuk peringatan, ada yang berbentuk isyarat dan pelbagai lagi. Semua bentuk-bentuk ini dapat dikenali daripada zahir susunan lafaz dan perkataan yang digunakan di dalam lafaz.

Adakalanya wujud dua nas yang membahas subjek yang sama, yang pertama berbentuk umum manakala yang kedua berbentuk khusus, maka nas yang kedua berperanan mengkhususkan keumuman nas yang pertama. Adakala wujud juga dua nas yang membahas subjek yang sama, yang pertama berbentuk mutlak manakala yang kedua berbentuk membatas, maka nas yang kedua berperanan membatasi kemutlakan nas yang pertama. Di dalam kedua-dua kes di atas, peranan nas yang kedua disebut sebagai petunjuk lain yang mengubah bentuk asal tersebut di mana yang asal itu adalah nas yang pertama.

Nas-nas al-Qur'an dan al-Sunnah dengan segala bentuknya berasal daripada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bentuk-bentuk yang dimiliki oleh setiap nas al-Qur'an dan al-Sunnah memiliki peranan, tujuan dan hikmah yang tersendiri di dalam membentuk kesempurnaan syari'at Islam. Allah tidak sekali-kali menciri-cirikan nas tersebut dengan bentuk yang tertentu tanpa apa-apa peranan, tujuan dan hikmah di sebaliknya. Apabila Allah berfirman dengan ayat yang bersifat umum, bererti Allah sememangnya mengkehendaki ia bersifat umum. Apabila Allah mengilhamkan Rasul-Nya Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam untuk bersabda dengan sesuatu yang bersifat memberi peringatan, bererti Allah sememangnya mengkehendaki ianya bersifat memberi peringatan. Demikianlah seterusnya bagi lain-lain bentuk nas seperti mutlak, membatas, menetapkan, menafikan, doa, anjuran, isyarat dan pelbagai lagi.

Justeru seandainya Allah mengkehendaki hak kekhalifahan berada di tangan Ahl al-Bait, khasnya 'Ali bin Abi Thalib, Allah akan menurunkan nas yang berbentuk khusus lagi tepat bagi menetapkan kekhalifahan mereka sehingga tidak timbul apa-apa kesamaran (ambiguity) atau salah faham. Ini sebagaimana tindakan Allah mengkhususkan kepimpinan kepada Nabi Daud 'alaihi salam dan menetapkan kerajaannya:
Wahai Daud ! Sesungguhnya Kami telah menjadikanmu khalifah di bumi, maka jalankanlah hukum di antara manusia dengan (hukum syariat) yang benar (yang diwahyukan kepadamu). [Shad 38:26]

Kemudian Allah secara khusus menetapkan Nabi Sulaiman 'alaihi salam sebagai pewaris Nabi Daud 'alaihi salam:
Dan Nabi Sulaiman mewarisi (pangkat kenabian dan kerajaan) Nabi Daud. [al-Naml 27:16]

Demikian juga, apabila Allah hendak menerangkan bahawa Muhammad adalah Rasul-Nya, Allah menerangkannya dengan jelas lagi tepat sebagaimana firman-Nya:
Muhammad ialah Rasul Allah [al-Fath 48:29]

Hakikatnya kita tidak mendapati di dalam al-Qur'an ayat yang berbunyi umpama: Wahai 'Ali dan keturunanmu ! Sesungguhnya Kami telah menjadikan kalian khalifah di bumi ini& atau: 'Ali dan keluarganya mewarisi kepimpinan Rasulullah atau: 'Ali bin Abi Thalib ialah Khalifah Allah sesudah Muhammad. atau apa-apa lain yang seumpama. Ini tidak lain menunjukkan bahawa Allah sememangnya tidak berkehendak menetapkan 'Ali dan keturunannya sebagai khalifah umat Islam sesudah Rasulullah.

Di dalam al-Sunnah yang sahih, yang wujud hanyalah beberapa hadis yang berbentuk doa, harapan, peringatan, anjuran dan pesanan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terhadap Ahl al-Bait baginda. Semua ini tiada yang berbentuk mengkhusus dan menetapkan jawatan khalifah ke atas Ahl al-Bait baginda. Maka di atas ketiadaan ini, Ahl al-Sunnah tidak mengkhusus dan menetapkan jawatan khalifah kepada Ahl al-Bait kerana setiap nas hendaklah diambil berdasarkan bentuknya yang asal melainkan wujud petunjuk lain yang mengubah bentuk tersebut.

Strategi mudah kepada para pembaca:

• Setiap nas al-Qur'an dan al-Sunnah yang sahih adalah sempurna dalam bentuknya yang asal sebagai kesempurnaan yang berasal daripada Allah Subhanahu wa Ta'ala.
• Seandainya Allah mengkehendaki 'Ali menjadi khalifah, Allah akan menetapkannya dengan nas yang berbentuk khusus, jelas lagi tepat.
(http://www.syiah.net/jawapan-ahl-al-sunnah-kepada-syi-ah-al-rafidhah/lima-strategi-asas-syiah-dalam-berhujah-dan-jawaban-ahl-al-sunnah-ke-atasnya.html)
Selengkapnya...

LIMA STRATEGI ASAS SYIAH DALAM BERHUJAH DAN JAWABAN AHL AL-SUNNAH KE ATASNYA

1. Mengkhususkan nash yang pada asalnya berbentuk umum.

2. Mengkhususkan perbahasan berdasarkan sebab turun dan kelahiran nas.

3. Jumlah rujukan yang banyak menjadi bukti kebenaran hujah.

4. Adakalanya darjat hadis dinilai sahih dengan merujuk kepada pensahihan al-Hakim di dalam kitabnya al-Mustadrak.

5. Menggunakan pendekatan psikologi untuk menarik keyakinan orang awam.

Untuk menjawab hujah-hujah Syi'ah ke atas Ahl al-Sunnah, perkara penting yang perlu diketahui bukanlah semua hujah mereka tetapi strategi asas yang mereka gunakan untuk berhujah. Jika diketahui strategi-strategi asas Syi'ah, maka adalah mudah untuk menangkap dan menjawab hujah-hujah mereka sama ada yang telah berlalu atau yang akan datang, sama ada yang dibahas di dalam buku ini atau yang tidak dibahas. Ini berdasarkan kata hikmah: Jika kamu memberi saya ikan saya akan memakannya untuk satu hari tetapi jika kamu mengajar saya cara menangkap ikan saya akan memakannya seumur hidup.

Terdapat lima strategi asas yang lazim digunakan oleh Syi'ah untuk berhujah ke atas Ahl al-Sunnah. Sesiapa yang mengkaji hujah-hujah Syi'ah akan mendapati mereka tidak lari daripada menggunakan lima strategi asas ini, sama ada secara sebahagian atau keseluruhannya. Berikut dikemukakan setiap satu daripada lima strategi asas ini diikuti dengan jawapan Ahl al-Sunnah bagi membatalkannya.
Selengkapnya...

Menyingkap komplot Israel dengan Iran dan Amerika dengan Iran

Oleh : DR. AHMAD AL-AFGHANI

Sebelum memaparkan hubungan strategik antara Yahudi dan Iran, terlebih dahulu kita kembali ke zaman silam untuk meninjau kembali sejarah, iaitu pengasas agama dan fahaman Syi`ah adalah sebenarnya orang-orang Yahudi yang telah memperalatkan Abdullah bin Saba’, seorang Yahudi yang berasal dari Yaman untuk mengasaskan fahaman ini di zaman Kalifah Uthman bin `Affan.

Dia telah menamakan dirinya dan para pengikutnya Syi`ah Ali (penyokong Ali) bagi tujuan mengaburi orang-orang Islam. Hal ini telah diakui oleh al-Kasysyi, seorang tokoh Syi`ah di dalam kitabnya Ma`rifah al-Naqilin `An Ai’immah al-Sadiqin atau lebih dikenali dengan Rijal Kasysyi. Katanya: “Sesungguhnya Ibn Saba’ ini seorang Yahudi kemudian memeluk Islam. Dialah yang mula-mula mengisytiharkan wajibnya menerima Imamah Ali.” Dari sinilah kita berpendapat asal usul fahaman Syi`ah dan Rafidhah diambil daripada ajaran Yahudi.


Ahli-ahli sejarah Sunnah dan Syi`ah sepakat bahawa Ibn Saba’ lah yang menyebabkan kekacauan di zaman Uthman dan dialah yang mencetuskan fitnah di kalangan umat Islam. Begitu juga al-Naubakhti menukilkan daripada al-Tusi bahawa Ibn Saba’ lah yang mula-mula sekali menyerang Abu Bakar, Umar dan Uthman.

Oleh itu kita tidak merasa hairan terhadap kerjasama antara Yahudi dan Iran dari segi bantuan dan persenjataan. Di sini kami kemukakan beberapa contoh kerjasama itu:

Syimitiz dari syarikat Balijiah (BRB) pada 2 Januari 1985 telah mendedahkan penjualan senjata Israel kepada Iran yang dianggarkan sebanyak 164 bilion dollar US dengan pertukaran minyak Iran.

Pada bulan Disember 1980 majalah berbahasa Perancis PBD telah mendedahkan bahawa sejak awal peperangan Iran-Iraq lagi Iran menerima senjata Israel. Akhbar al-Ra’y al-Am juga mendedahkan kenyataan ini ekoran meletupnya kapal terbang Argentina yang membawa senjata dari Tel Aviv ke Tehran melalui Qabras.

Akhbar al-Ra’y bertarikh 24 April 1988 melaporkan penjualan senjata Israel kepada Iran di sepanjang tahun 1980-1987 dan melaporkan daripada Perdana Menteri Israel, Syamir sendiri tentang bantuannya kepada Iran. Katanya: “Menjadi kewajipan kepada Israel menjaga hubungannya dengan kepimpinan ketenteraan Iran. Sesungguhnya peperangan yang berterusan melemahkan Iraq, musuh tradisi Israel. Peperangan itu menyebabkan lebih banyak lagi pembahagian negara-negara Arab”.

Sumber maklumat Perancis menegaskan sejumlah Yahudi Iran memasuki Palestin melalui Viena dengan nisbah 600 orang Yahudi setiap minggu. Dianggarkan bilangan Yahudi yang berpindah ke Amerika dan Palestin melalui Norway seramai 9000 sejak tahun 1983.

Simon Peres mempertahankan penjualan senjata Israel kepada Iran dan menyatakan bahawa Iraq lebih berbahaya daripada Iran.

Sekumpulan pegawai senjata udara Israel telah mengadakan kontrak dengan Tehran dengan gaji yang mencecah 10 000 dolar Amerika bagi setiap orang melalui Namrudi, pedagang senjata Yahudi yang merupakan atase tentara Yahudi di Tehran.

Pada 14 Febuari 1983, iaitu pada hari peringatan Khomeini mengambil alih pemerintahan, telah berlaku pertemuan yang mesra dan saling bertukar kucupan antara Rasfenjani dan rabai Yahudi Auril Davivy di bangunan majlis Syura. Rabai itu berkata: “Doktor-doktor dan tentera kita sekarang ini berada di barisan hadapan peperangan. Castro Nafin telah dipilih menjadi perwakilan Yahudi di Majlis Syura Iran. Dia menyatakan terima kasih kepada Iran sebagai mengingati kerjasama Parsi dan Yahudi di sepanjang sejarah.

Yahudi-yahudi Iran telah mendermakan 70 bilion riyal untuk kepentingan peperangan dengan Iraq.

Amerika dan Iran

Walaupun permusuhan yang dItunjukkan oleh Iran terhadap Amerika yang disifatkannya sebagai syaitan besar namun di sana ada hubungan yang erat dan mendalam antara Amerika dengan pemimpin-pemimpin Syi`ah sejak tahun 40-an lagi.

Di sana ada beberapa janji lama Amerika kepada mereka untuk mendirikan negara Syi`ah. Perjanjian-perjanjian ini diperbaharui ketika krisis Teluk yang terakhir kerana Amerika merasakan apabila tertegaknya sebuah negara Islam untuk Ahli Sunnah di salah sebuah negara Timur Tengah seperti Mesir, Syria atau Iraq maka pasti pertubuhan-pertubuhan lain akan menyertainya. Ini akan mewujudkan bahaya besar terhadap Barat dan Israel. Justeru itu, menjadi kepentingan Amerika dan Israel untuk mendirikan Negara Syi`ah yang taksub seperti Iran untuk merealisasikan beberapa matlamat strategik untuk mereka dan juga Israel, antaranya ialah:

Mencurah sehabis-habisnya tenaga manusia dan material dalam siri peperangan antara Sunni dan Syi`ah sebagaimana yang berlaku antara Iran dan Iraq.

Menjadikan rantau Timur Tengah sebagai sumber utama industri senjata Amerika melalui peperangan-peperangan ini.

Menghalang penubuhan Negara Islam Sunni yang bersifat antarabangsa.

Mendorong Ahli Sunnah menyibukkan diri dengan Syi`ah supaya kedua-dua pihak mengabaikan kewujudan Yahudi di Palestin.

Menguasai sumber-sumber tenaga serantau seperti minyak dan lain-lain.

Memberi gambaran yang buruk kepada masyarakat umum tentang ketaksuban dan perpecahan orang-orang Islam. Dengan itu mereka dapat menghalang manusia dari jalan Allah. Di samping itu bagi memberi gambaran yang mengelirukan tentang Islam.

Antara bentuk-bentuk kerjasama antara Amerika dan Iran ialah berita yang dilaporkan oleh Agensi Berita Perancis tentang kapal terbang senjata Amerika yang tiba di Tehran pada 14 September 1985. Amerika juga menghantar serangan roket-roket Hawk dari bumi ke bumi dalam tempoh yang sama. Akhbar al-Dustur melaporkan bahawa Khomeini sendiri yang mengarahkan supaya mengadakan hubungan baik dengan Amerika untuk mengurangkan kedudukan golongan sederhana di Iran.

Walaupun wujudnya tekanan luaran antara Iran dan Amerika namun Iran merupakan sumber kedua terbesar minyak bagi Amerika sebagai balasan kepada bantuan Amerika yang mengantikan kemusnahan yang dilakukan oleh Iraq.

Oleh itu kita tidak menafikan wujudnya skandal-skandal yang berlaku seperti Irangate yang mendedahkan kerjasama persenjataan dan strategi antara Iran dan Amerika.

sumber: http://ban-syiah.blogspot.com/
Selengkapnya...

Wahhabi dan Fitnah Radikal

Gerakan ini dinamakan Wahhabiyah, muncul sekitar akhir abad 18. Pendirinya seorang ulama terkemuka di zamannya, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan tujuannya memurnikan ajaran Islam yang sudah tercemar oleh praktik kemusyrikan, bid’ah dan khurafat.

Dia dan para pengikutnya bercita-cita untuk mengembalikan ajaran Islam seperti yang dipraktikkan pada masa Rasul oleh generasi sahabat dan salaf al-salih, karena dalam pandangan mereka hanya dengan cara ini masyarakat Islam bisa bangkit dari keterpurukan dan kemundurannya.

Untuk itu mereka menyerukan kembali kepada al-Qur’an dan Sunnah, melakukan ijtihad, dan meninggalkan taqlid.

Mungkin disebabkan lokasi tempat berkembangnya yang strategis, yaitu Saudi Arabia, gagasan pembaharuan yang diusungnya segera menggema di seantero dunia. Kata Isma’il Raji al-Faruqi, ia menyebar bagaikan api liar (spread in the last century like wildfire throughout the Muslim world). Ia bergema di India, Sudan, tak terkecuali Indonesia. Bahkan di negara terakhir ini, gagasan pemurnian akidahnya telah menjadi pemicu lahirnya kaum Padri dan organisasi Muhammadiyah.

Wahhabiyah dan Jihad

Sangat disayangkan bahwa dalam wacana pemikiran hari ini gambaran di atas tadi hampir tak pernah kedengaran. Wahhabi lebih selalu diidentikkan dengan radikalisme, militanisme, dan fundamentalisme.

Para pengikutnya dikatakan tidak toleran dan tidak bisa menghargai perbedaan, rigid (kaku) dan literalis, simplistik serta fanatik. Ia juga dikatakan anti sufisme dan hal-hal yang bersifat filosofis-spekulatif. Bahasa mereka, kata pengkritiknya, adalah kekerasan dan kebencian. Bahkan mereka dikatakan sanggup melakukan pembunuhan terhadap orang yang berseberangan dengan prinsip dan akidah mereka.

Demikianlah gambaran yang terekam dalam buku orang-orang seperti Stephen Schwartz, The Two Faces of Islam: The House of Sa'ud from Tradition to Terror, Nina Shea, direktur Center for Religious Freedom, Saudi Publication on Hate Ideology Fill American Mosques,” dan lain-lain.

Dengan gambaran seperti itu, tidak heran jika banyak para analis dan pengamat politik yang menduduh gerakan ini di balik peristiwa 11 September 2001, peristiwa bom London, Madrid, Bali, dan yang terakhir peristiwa Bom Kuningan, Juli 2009. Lebih jauh lagi, seorang muallaf Yahudi neo-con yang bergabung dengan kelompok sufi Naqsyabandiyah Hisyam Kabbani, Stephen Schwarts, dalam wawancaranya dengan National Review menyatakan bahwa gerakan Wahhabiyah inilah yang memberikan inspirasi kepada gerakan perlawanan di Afghanistan, Palestina, Irak, Kashmir hingga sampai ke Chechnya.

Politik Adu Domba

Dalam berhadapan dengan persoalan seperti ini, para tokoh masyarakat serta cerdik cendekia Muslim dituntut untuk lebih bijaksana, menghindar dari melakukan tuduhan secara sarkastik. Hal ini perlu dilakukan karena kita khawatir jangan-jangan isu Wahhabisme dan terorisme adalah bagian dari “fitnah atau perangkap” global yang sedang “dimainkan” oleh orang berkepentingan, yang ingin memecah kekuatan serta konsentrasi umat. Jangan sampai kita terjerumus dalam politik adu domba seperti yang pernah terjadi pada zaman penjajahan.

Kekhawatiran ini terdengar berlebihan, tapi ia bukan tanpa alasan. Mungkin menarik untuk membaca hasil penelitian yang dilakukan oleh Cheryl Benard dkk yang berjudul Building Moderate Muslim Network (Membangun Jaringan Muslim Moderat). Penelitian ini diterbitkan oleh RAND Corporation tahun 2007, dan disponsori oleh Smith Richardson Foundation. Dan ia diharapkan bisa menjadi “road map” dalam berhadapan dengan kelompok yang mereka kategorikan fundamentalis.

Dalam penilitian ini disarankan agar pemerintah Amerika segera membangun hubungan baik dengan kelompok yang mereka sebut “potential partner.” Termasuk dalam kelompok ini adalah Muslim liberal dan sekuler, Muslim tradisionalis, dan kelompok sufis. Karena menurut penelitian ini hanya mereka yang bisa menahan gerak laju kelompok yang mereka namakan fundamentalis, yaitu mereka yang menolak pemisahan negara dan politik dan menuntut penerapan Syariat Islam.

Dengan bahasa yang lugas para peniliti tersebut mengatakan bahwa Muslim tradisionalis dan kaum sufi adalah sekutu alaminya Barat, karena kelompok ini merupakan salah satu korbannya kaum Wahhabi. (Because of their victimization by Salafis and Wahhabis, traditionalists and Sufis are natural allies of the West to the extent that common ground can be found with them).

Abdeslam M Maghraoui dalam makalahnya yang berjudul, American Foreign Policy and Islamic Renewal, mengafirmasi kesimpulan penilitian di atas. Menurut Abdeslam pemerintah Amerika sudah sewajarnya untuk mengambil langkah penting dan strategik dengan memberi dukungan terhadap gerakan “pembaharuan Islam” seperti yang digelontorkan oleh JIL (Jaringan Islam Liberal) dan ICIP (International Center for Islam and Pluralism) di Indonesia atau Sister in Islam di Malaysia dalam usahnya untuk memenangkan pertarungan melawan terorisme.

Jadi sesungguhnya tidak heran, jika di TV dan media massa kita selalu mendengar teriakan kelompok “pembaharu” ini yang menyerang dan mengkritk habis-habisan kelompok Wahhabi dan salafi. Mungkin saja strategi yang disarankan para peniliti di atas sedang dimainkan di Indonesia.

Ibn Abdul Wahhab dan Jihad

Di tengah maraknya kecaman dan kritikan terhadap Abdul Wahhab, ada sebuah disertasi doktor dengan judul Muhammad bin Abdul Wahhab: An Intellectual Biography yang menarik untuk dicermati. Disertasi yang dibimbing oleh Prof John L Esposito ini ditulis oleh Natana Delong-Bas diajukan pada Fakultas Sejarah, Georgetown University, pada November 2002. Penilitian ini sendiri dimulai sejak November 1998, jauh sebelum peristiwa 11 September 2001. Disertasi ini sudah dibukukan dan diberi judul Wahhabi Islam: From Revival and Reform to Global Islam (London: IB Tauris, 2004).

Berbeda dengan wajah seram yang selama ini dipertontonkan oleh media massa dan beberapa penulis tentang Abdul Wahhab dan gerakan pembaharuan yang dimotorinya, Delong-Bas ingin menguak wajah lain dari ajaran yang dibawa sang syekh. Dan itu dibuatnya berdasarkan tulisan-tulisan Abdul Wahhab sendiri dan keterangan orang-orang yang sezamannya. Menurut Delong-Bas Abdul Wahab mengembangkan sebuah pandangan hidup (worldview) didasarkan pada penjagaan dan pemeliharaan jiwa manusia (preservation of human life), mengembangkan sikap toleransi terhadap penganut agama lain, serta mendukung adanya keseimbangan hak antara laki-laki dan wanita.

Menurut Delong-Bas jihad bukanlah tujuan utama dan pertama dari gerakan Wahhabi. Abdul Wahhab sendiri tidak mengajak pengikutnya untuk syahid atau jihad. Jihad menurutnya hanya fard kifayah bukan fard ‘ayn seperti yang diyakini kebanyakan para mufassir Muslim klasik. Jihad juga bukan dijalankan pada tataran individu, tapi negara. Dan oleh sebab itu hanya imamlah yang berhak untuk mendeklarasikan aksi militer, dan itupun harus atas alasan agama dan dengan maksud untuk mempertahankan diri (self-defense), bukan untuk kepentingan pribadi atau mencari kekayaan. (Delong Bas, Muhammad bin Abdul Wahhab, 217)

Delong-Bas selanjutnya menjelaskan bahwa Abdul Wahhab tidak membenarkan melakukan kekerasan (violence) terhadap mereka yang berseberangan dengannya selama orang tersebut tidak melakukan agresi terhadap umat Islam. Demikian juga Abdul Wahhab melarang melakukan penyerangan terhadap Muslim yang berbuat maksiat seperti minum khamar atau orang yang memiliki ikatan perjanjian atau hubungan bisnis dengan orang tersebut. Oleh sebab itu, jika musuh mengirimkan utusan dagangnya ke negara Muslim, orang tersebut berhak mendapatkan proteksi dari orang Islam, kecuali jika orang tersebut bekerja memata-matai, maka dia layak diperlakukan laiknya seorang musuh.

Apa yang lebih menarik adalah bahwa Abdul Wahhab juga tidak membenarkan memerangi kaum musyrik, penyembah berhala, orang Kristen atau Yahudi. Mereka haruslah terlebih dahulu didekati melaui pendidikan dan dialog. Karena hanya dengan cara demikian, hati mereka bisa ditaklukkan. Di samping itu dia juga percaya bahwa konversi agama tidak mungkin bisa dengan paksaan, tapi haruslah datang dari hati terdalam. Menurut Abdul Wahhab jihad mestilah didahului dengan dakwah. Kita tidak dibenarkan membunuh atau melakukan invasi Delong-Bas mengutip pernyataan Abdul Wahhab. Hal ini penting dilakukan karena jihad hanya dilancarkan terhadap orang yang menentang Islam. Dan musuh tersebut harus diberikan kesempatan untuk masuk Islam atau menolaknya sehingga dengan demikian ada alas an untuk memeranginya.

Disertasi Delong-Bas jelas merupakan satu terobosan baru dalam kajian tentang Abdul Wahhab dan gerakannya. Dan sudah pasti tidak semua kalangan terpuaskan. Karyanya ini pun menuai banyak kritik, terutama mereka yang phobia dengan Islam. Oleh sebagian orang dia dijuluki dengan opologist Muslim karena dianggap tidak mewakili mainstream pemikiran yang ada di Barat.

Akan tetapi, paling tidak ini membuka nuansa baru tentang pemikiran Abdul Wahhab. Sayang kajian ini datang dari pusat orientalis dan dari tangan orang yang bukan seagama dengan Abdul Wahhab. Oleh sebab itu, adalah menjadi kewajiban kita sebagai Muslim untuk lebih intens melakukan kajian terhadap pikiran sang Pembaharu ini agar kita tidak ikut-ikutan dengan rentak orang lain yang memang sengaja membuat kekeruhan sesama kita. Wallahu‘alam.

Nirwan Syafrin
Peniliti INSISTS, Guru Ponpes Husnayain
(Rabu, 21 Oktober 2009 12:59 sabili)
Selengkapnya...

Delapan Tentara AS Tewas di Afghanistan Timur

Ahad, 04 Oktober 2009 05:43 Sabili
Mujahidin Afghanistan Gempur Tentara Amerika Serikat

Mujahidin Afghanistan Gempur Tentara Amerika Serikat
Delapan tentara Amerika yang bertugas di bawah komando ISAF tewas di Afghanistan timur dalam sebuah serangan yang bertubi-tubi oleh Mujahidin Afghanistan, Tutur militer AS .

Pasukannya tewas di sebuah wilayah yang terpencil di Afghanistan timur dekat perbatasan dengan Pakistan, setelah pejuang melancarkan serangan ke pasukan AS, Kapten Elizabeth Mathias, seorang jurubicara militer mengatakan pada hari Minggu.

Meningkatnya korban jiwa telah membuktikan tahun yang telah dilalui sebagai tahun yang paling mematikan bagi pasukan asing sejak awal invasi pimpinan Amerika di Afghanistan pada 2001. Sejak Sabtu 3 Oktober 2009 setidaknya 774 anggota militer AS telah tewas di Afghanistan, Pakistan dan Uzbekistan sebagai akibat dari invasi AS di Afghanistan pada akhir 2001, menurut Departemen Pertahanan AS.

386 tentara asing, termasuk sedikitnya 228 orang Amerika, telah dilaporkan tewas tahun ini.

Meskipun dengan kehadiran Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) di Afghanistan sejak 2001, para mujahidin telah meningkat dengan pesat di negara ini.
Selengkapnya...

Serdadu Inggris Keok di Afghanistan

Selalu mengekor ‘bos besarnya’, AS, Inggris kini mulai menelan pil pahit. Keberadaan pasukannya di Afghanistan yang terus menjadi korban perang kian menggusarkan warga negeri Ratu Elizabeth itu.

Dalam sebuah hasil jajak pendapat yang dipublikasikan akhir pekan lalu, (08/11), dukungan rakyat Inggris terhadap perang Afghanistan menurun drastis. Lebih dari 40 persen warga tidak mengerti mengapa tentara mereka berperang di sana. Bahkan 64 persen responden setuju bahwa Inggris tak mungkin menang dalam perang tersebut. Angka ini naik enam persen dibandingkan bulan Juli lalu.

Untuk pertanyaan apakah tentara Inggris sebaiknya ditarik secepat mungkin? Sebanyak 63 persen setuju dan 31 persen tidak setuju. "Secara keseluruhan, ada pengertian bahwa Afghanistan bagi Gordon Brown (Perdana Menteri Inggris) sama dengan Irak bagi Tony Blair (pendahulunya)," kata Andrew Hawkins, Kepala Pelaksana jajak pendapat ComRes, sebagaimana dilansir BBC.

Hasil ini mengisyaratkan bahwa perang Afghanistan berdampak pada dukungan Partai Buruh, karena pendukung partai ini adalah penentang utamanya. ComRes mewawancarai 1.009 orang dewasa berbagai usia dan kelas masyarakat berbeda di seluruh Inggris untuk siaraan televisi BBC, The Politics Show.

Survei serupa yang digelar YouGov menunjukkan 48 persen responden berpendapat bahwa tentara Inggris tidak akan menang dalam perang melawan Taliban. Angka ini naik dari 36 persen dibanding pada Agustus 2007. Sebanyak 36 persen lagi berpendapat bahwa tentara Inggris takkan menang, walau mungkin pada akhirnya akan menang. Angka ini turun tiga poin sejak 2007.

Perang di Afganistan yang dimulai pada 2001, menyusul serangan 11 September di AS, kian mematikan dalam beberapa bulan terakhir. Hingga kini korban di pihak Inggris telah mencapai 231 tentara. Bom rakitan, yang dikenal dengan sebutan IED dan dipasang di jalanan, menjadi pembunuh utama tentara asing di Afganistan.

IED menjadi senjata utama Taliban dalam meningkatkan perlawanannya terhadap lebih dari 100.000 tentara asing di bawah kepemimpinan AS dan NATO di Afghanistan.

Walau ratusan serdadunya menjadi korban perang tak berkesudahan, pemerintah Inggris tidak akan menghentikan misinya di Afghanistan. Perdana Menteri Gordon Brown menegaskan hal ini dua hari sebelum hasil jajak pendapat ComRes dipublikasikan, Jumat (6/11).

Brown juga ngotot akan tetap melanjutkan misi di Afghan. "Karena inilah yang membedakan tentara pembebasan dari tentara pendudukan," ujarnya.

Anggota parlemen dari Partai Buruh dan mantan menteri di Departemen Luar Negeri, Kim Howells, mengatakan tentara Inggris harus ditarik. Namun, pemerintah menganggap misi di Afganistan penting dalam menjamin al-Qaidah tidak meningkatkan kekuatannya.

Sakit Jiwa

Selain korban nyawa, pasukan Inggris yang bertugas di Afghanistan kini juga menghadapi masalah yang serius; kecanduan alkohol dan gangguan kejiwaan. Sebuah studi yang dilakukan oleh ahli kejiwaan setempat menemukan lebih dari 27 persen serdadu Inggris mengalami gangguan mental, dan sekitar lima persennya mengalami tekanan jiwa akibat trauma selama perang.

Amy Inversen, seorang peneliti pada Institut Ilmu Kejiwaan di London, menyatakan dibutuhkan sebuah kebijakan dan perencanaan kesehatan yang tepat bagi tentara, khususnya mereka yang masih aktif.

"Penyalahgunaan alkohol dan gangguan jiwa harus menjadi perhatian utama selama pendidikan. Selain itu, yang juga penting dilakukan adalah pencegahan dan intervensi," ujarnya sebagaimana dilansir Reuters.

Studi yang dipublikasikan dalam Jurnal BioMed Central Psychiatry, menganalisa 821 orang tentara untuk melihat bagaimana mereka mengatasi gangguan mental dan stres pasca trauma. Di antara masalah-masalah tersebut, problem utama yang terjadi adalah penyalahgunaan alkohol (18 persen) dan depresi (13,5 persen). Hasil penelitian itu juga menyebutkan bahwa mereka yang bertugas di Irak memiliki resiko gangguan jiwa lebih tinggi daripada tentara reguler.

Sebuah studi lain yang dipublikasikan Maret lalu menunjukkan, pria Inggris yang desersi dari militer, berpotensi tiga kali lebih besar untuk melakukan bunuh diri daripada warga biasa. Adapun studi di AS pada 2007 menyebutkan, para veteran militer pria di negara Adidaya ini berpotensi melakukan bunuh diri dua kali lebih besar ketimbang mereka yang tak pernah bertugas di ketentaraan.

Salah seorang pejabat senior militer Inggris menuduh pemerintah telah gagal dalam mengatasi trauma mental yang diderita para tentara setelah berperang di Irak dan Afganistan, di mana jumlahnya mencapai sekitar 170.000 orang sejak diberangkatkan tahun 2001 lalu.

"Dalam persepsi kami, trauma adalah sumber tekanan jiwa masing-masing individu. Namun penyalahgunaan alkohol dan tekanan jiwa kini telah menjadi gejala umum," katanya.

Nampaknya Inggris harus memikirkan kembali keberadaan militernya di Afghanistan, jika tak ingin serdadunya kian banyak yang tewas ataupun gila.

Sabili
Chairul Akhmad Selengkapnya...

Upaya Pemberontak Houthi Untuk Dirikan Negara Syiah di Yaman Utara

Senin, 23/11/2009 12:42 WIB Cetak | Kirim | RSS

Pemberontakan kelompok Houthi di Yaman merambah ke negara tetangga Saudi Arabia. Bahkan pemberontak Houthi juga menduduki Jabal Dukhan wilayah Saudi Arabia di perbatasan Saudi-Yaman sementara waktu hingga pasukan Kerajaan Saudi merebut kembali wilayah Jabal Dukhan dan menewaskan serta menahan beberapa pemberontak.

Kerajaan tidak tanggung tanggung dalam menghadapi pemberontak Houthi. Mereka Menggunakan pesawat F 15 canggih buatan AS untuk menyerang beberapa posisi pemberontak di daerah perbatasan.

Angkatan laut Saudi mengerahkan kapal militer di perairan Selat Bab Al Mandeb untuk mencegah pasokan senjata pemberontak dari Iran. Arab Saudi sangat hati-hati dalam menghadapi pemberontak Syiah tersebut terlebih pemberontak tersebut mendapat dukungan dari Iran yang notabene mempunyai ideologi Syiah yang membahayakan bagi Saudi Arabia yang menganut Ahlus Sunnah Wal jama'ah.

Para ahli politik dunia Arab menyebutkan bahwa perang antara Saudi dan Iran sudah berlangsung di perbatasan Saudi-Yaman. Houthi yang lebih taat kepada Iran dan mempunyai kesamaan ideologi diduga akan menyebarkan ajaran Syiah di jazirah Arab. Tentu Arab Saudi tidak akan membiarkan begitu saja penyebaran Syiah di jazirah Arab dan akan melawan pengaruh Iran sekuat tenaga.

Bagi pihak Syiah Houthi, pemerintah Yaman telah melakukan diskriminasi terhadap golongan Houthi di Yaman Utara. Mereka juga merasa tidak adanya pembanguan ekonomi di wilayahnya. Hothi juga menuduh pemerintah Yaman yang dipimpin oleh Presiden Ali Abdullah Saleh sebagai pemerintahan yang korup dan sangat dekat dengan Kerajaan Saudi Arabia.

Sebaliknya pemerintahan Yaman menuduh para pemberontak ingin memisahkan diri dari pemerintahan Yaman. Seorang pemimpin spiritual Yaman menuduh Pemberontakan tersebut didukung oleh Iran dan bertujuan menyebarkan ideologi Syiah di Jazirah Arab.

Tuduhan pemerintahan Yaman memang bukan basa basi dan terbukti bahwa Iran sangat berperan dalam pemberontakan ini dengan memasok senjata ke pemberontak. Bulan lalu pihak keamanan Yaman menahan awak kapal dan kapal yang membawa persenjataan bagi pemberontak Houthi di Fort Haja tetapi Iran dengan keras menyangkal keterlibatan mereka. (bbc.co.uk,10/11/2009)

Yaman bagian utara dan bagian Selatan adalah suatu negara yang terpisah sebelum tahun 1982 namun Ali Abdullah Saleh berhasil menyatukan kedua Yaman. Meski adanya perbedaan antara Utara dan Selatan tetapi kedua bagian Yaman tersebut hidup rukun hingga tahun 2004. Api pemberontakan Houthi dimulai tahun 2004 ketika pemimpin Houthi Hussein Badaruddin memproklamirkan dirinya sebagai Amirul Mukminin namun pemberontakan tersebut dapat mereda sampai tahun 2009.

Beberapa bulan lalu Houthi kembali mengadakan perlawanan terhadap pemerintahan Yaman. Presiden Yaman memerintahkan untuk menghabisi pemberontakan tersebut dengan operasi militer besar-besaran. Yaman juga menggunakan beberapa pesawat tempur untuk menggempur basis Houthi. Keberanian Houthi kali ini bukan tanpa sebab. Tanpa dukungan persenjataan dan politik, pemberontak Houthi tentu tidak akan berdaya di antara pasukan Yaman dan Pasukan Kerajaan Saudi yang mempunyai militer yang kuat. Pemberontak Houthi hanya memiliki maksimum 4000 milisi sedangkan Pasukan Yaman berjumlah 78.000 personil dan Saudi memiliki sekitar 120.000 prajurit dan 130.000 prajurit pengawal nasional (wikipedia.org)

Tampaknya mereka mulai berani semenjak pengaruh Iran merambah negara Iraq, Libanon dan Bahrain. Iraq kini diperintah oleh kaum Syiah dan pemerintahan tersebut loyal kepada Iran. Mungkin pemberontak Houthi sudah pede untuk mendirikan pemerintahan Syiah dibawah protektorat Iran di Yaman Utara.

Kemunculan negara Syiah di Yaman Utara akan menjadi ancaman bagi Saudi Arabia padahal posisi Saudi sudah sangat terjepit dengan kehadiran pemerintahan Iraq yang berbatasan langsung dengan Saudi Arabia bagian barat. Kehadiran sebuah negara Syiah di Yaman Utara juga akan memberikan angin pada penganut Syiah di Saudi Arabia. Bisa jadi mereka akan mengangkat senjata untuk melawan kerajaan.

Dalam doktrin golongan Houthi juga menyebutkan bahwa pemberontakan adalah tugas mereka. Dan sudah merupakan watak orang-orang Syiah yang selalu menolak dibawah pimpinan orang Sunni begitu juga pemberontak Houthi yang menganut paham Syiah Ziyadah. Kelompok Ziyadah pernah melakukan pemberontakan di massa pemerintahan Khalifah Umayyah.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Syiah menolak kepemimpinan tiga Khilafah Rasydin seperti Abu Bakar Ash Shidiq, Umar bin Khatab dan Usman bin Affan. Bahkan penganut Syiah yang ekstrim menuduh bahwa Jibril salah memberikan wahyu ke Muhammad yang seharusnya menerima wahyu tersebut adalah Ali bin Abi Thalib. Kelak pada akhir zaman mereka juga akan menolak kepemimpinan Imam Mahdi karena bukan berasal dari kaum Syiah. Mereka akan memberontak kembali untuk mencoba menggantikan Imam Mahdi dengan Imam dari golongan mereka. (Andri Faisal, Pemerhati Dunia Islam /dari eramuslim)
Selengkapnya...

Biografi Ulama Pakar Syiah

SYAIKH MAMDUH BIN FARHAN AL-BUHAIRI
(Pemberi kata pengantar buku "Mengapa Saya Keluar Dari Syiah)

Nama lengkap:
Abu Maria Mamduh ibn Muhammad ibn Ali Farhan al-Buhairi
Tempat tanggal lahir:
Makkah al-Mukarramah, 10/8/1387 H
Nasab:
Bersambung ke suku Khazraj al-Anshariyyah
Status:
Berkeluarga, baru dikarunia 2 anak putri

Pendidikan formal:
Seluruh jenjang pendidikannya ditempuh di Makkah hingga tamat dari Ma'had al-Haram al-Makki as-Syarif

Pendidikan non formal:
Mulazamah pada Syaikh Ibn Bazz dan Syaikh Ibn Utsaimin saat beliau berdua berada di Makkah al-Mukarramah
Belajar pada para ulama di Masjidil Haram
Aktifitas:

1. Direktur perhimpunan Muslim Muallaf dunia
2. Anggota di banyak lembaga islam
3. Bekerja di bidang dakwah di banyak Negara Islam
4. Penulis kitab-kitab Islamiyyah terutama bidang dakwah
5. Komisaris majalah Qiblati
6. Konsultan dalam masalah keluarga di majalah Qiblati

Karya tulis dalam bentuk kitab:

1. Asy-Syi'ah Minhum 'Alaihim (telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia dengan judul GEN Syi’ah, Sejarah konspirasi Yahudi dan Penyimpangan Aqidah Syi’ah, Dar al-Falah, Jakarta, 2002)
2. Imathathul-Litsam wa Kabhul-Awham (terbit dalam bahasa Indonesia dengan judul Kuburan agung, Darul Haq, jakarta, 2005
3. Khushumul Qur`an atau ar-Rass ala Syubuhatil Qur`an (telah diterjemahkan dan belum diterjemahkan. Beberapa bagiannya telah dimuat di rubrik Koreksi dalam majalah Qiblati)
4. Al-Hadharah al-Islamiyyah
5. Haqiqatul Kitab al-Muqaddas
6. dll.
Selengkapnya...

Kesalahan Jalaluddin Rakhmat Terbongkar dalam Dialog Syiah di Makassar

Ketua Dewan Syura Jamaah Ahli Bait (Ijabi) Indonesia Prof Dr KH Jalaluddin Rakhmat (JR) tampil Sebagai pemateri tunggal dalam Dialog Muballigh dengan tema : “Syiah dalam Timbangan Alquran dan Sunnah”. Kamis Malam, 1 Januari 2009 di hotel horison Makassar.

Dedengkot Syiah Indonesia, yang biasa disapa Kang Jalal ini, memaparkan makalahnya dengan judul “Mengapa Kami Memilih Mazhab Ahlulbait as.?”.

Acara yang dilaksanakan oleh Lembaga Studi dan Informasi Islam (LSII) Makassar, yang diketuai Syamsuddin Baharuddin dan didukung ICC dan Ijabi ini dihadiri tiga asatidzah dari Wahdah, yakni Ust. M. Said Abd.Shamad, Ust. M. Ikhwan AJ, Ust. Rahmat AR dan beberapa ulama, cendekiawan dan muballigh Kota Makassar, di antaranya Prof. Dr. Rusydi Khalid, Prof.Dr. Ahmad Sewang, Prof.Dr. Qasim Mathar, Fuad Rumi, Das’ad Latif, DR.Mustamin Arsyad, MA .

Dalam sesi kedua, dialog yang dipandu oleh pengamat politik Islam UIN DR.Hamdan Juhannis ini, Ustadz Rahmat mendapat kesempatan pertama, mengutarakan argumen.

Ustadz yang merupakan Ketua Lembaga Kajian dan Konsultasi Syariah (LKKS) Wahdah Islamiyah ini, sebelum mengomentari makalah JR, mengatakan bahwa Ahlus Sunnah tidak pernah membenci Ahlul Bait, Ahlussunnah sangat paham terhadap Sunnah dan menjunjung tinggi wasiat Rasulullah untuk mencintai Ahlul Bait.

Dari makalah tersebut, Ustadz memberikan komentar tentang buku acuan yang dituliskan JR, “ini adalah suatu bentuk pengelabuan terhadap data, dalam pembicaraan tentang buku-buku yang diambil acuan ternyata tidak seperti apa yang dituliskan atau kurang menyimpulkan secara sempurna”.

Pembatasan Ahlul Bait hanya Ali, Fatimah, Hasan, Husain Radhiyallahu Ajmain
Misalnya, tentang pembatasan ahlul bait hanya Ali, Fatimah, Hasan, Husain Radhiyallahu Ajmain yang berkenaan dengan Surah Al Ahzab:33.

Disebutkan dalam makalah JR:
“Masih dari Ummu Salamah: Ayat ini-Sesungguhnya Allah…-turun di rumahku. Aku berkata:Ya Rasululah, bukannkah aku termasuk Ahlulbait?Beliau bersabda:Kamu dalam kebaikan. Kamu termasuk istri-istri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.. Ia berkata Ahlul bait adalah Ali, Fathimah, Al Hasan dan Al Husain. Kata Ibn Asakir:Hadits ini Shahih (Al Arbain fi Manaqib Ummil Mu’minin 106). Hadits-hadits ini dengan jelas menunjukkan bahwa ahlulbait itu tidak termasuk ke dalamnya istri-istri Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.”

Ketua Departemen Dakwah DPP Wahdah ini sambil memegang laptop yang dilengkapi dengan program Maktabah Syamilah (kumpulan ribuan kitab), menegaskan bahwa adanya pembatasan tersebut di atas tidak sesuai dengan apa yang ada dalam syarah Shahih Muslim yang bekenaan dengan hal tersebut. Ketika kita kembali kepada surahAl Ahzab:33, ayat ini justru turun kepada Istri-istri Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Hadits yang menyebutkan pembatasan di atas sebenarnya tidak bertentangan dengan apa yang disampaikan oleh Zaid Ibnu Arqam Radhiyallalu ‘Anhu yang disebut juga dalam penjelasan JR sebelumnya.

“Said Ibnu Arqam Radhiyallalu ‘Anhu ditanya tentang siapa itu Ahlul Bait, apakah hanya khusus Ali, Fathimah, Al Hasan dan Al Husain? kata beliau Radhiyallalu ‘Anhu, bahwa istri-istri Nabi adalah ahlul bait beliau, kemudian siapa yang diharamkan memakan sedekah, beliau mengatakan alu ja’far, alu atiq, alu Abbas (HR.Muslim). Menurut Ustadz Rahmat bahwa semua itu dari keturunan bani Abdul Muttalib, dan tentu termasuk Istri-istri Nabi, sebab ayat tersebut memang turun untuk mereka.

Dari hadits ini menunjukkan dengan sangat jelas bahwa JR hanya mengambil hadits yang mendukung pemahaman Syiah, tanpa melihat hadits shahih yang lainnya, sehingga mengambil kesimpulan pembatasan ahlul bait yang keliru.

Masalah Kepemimpinan Setelah Rasulullah jatuh ke tangan Ali Radhiyallalu ‘Anhu
Contoh kedua, tentang Ayat Wilayah (kepemimpinan) yang tercantum dalam makalah. Disebutkan pemimpin dalam alquran disebut ‘waliy”. Al Quran sudah memberikan petunjuk siapa yang sepatutnya dijadikan pemimpin setelah Allah dan RasulNya: Sesungguhnya pemimpin kamu itu hanyalah Allah, RasulNya, dan orang-orang beriman yang mendirikan shalat dan mengeluarkan zakat dalam keadaan rukuk (Al Maidah:55). Berkata Ibn Abbas, Al Suddi, Utbah bin hakim dan tsabit bin Abdullah:yang dimaksud dengan orang-orang beriman yang mendirikan salat dan mengeluarkan zakat dalam keadaan rukuk adalah Ali bin Abi Thalib. Seorang pengemis lewat (meminta tolong) dan Ali sedang rukuk di Masjid. Lalu Ali menyerahkan cincinnya (tafsir al Tsa’labi 4:80).

Di antara rujukan yang dipakai JR dalam menetapkan sebab turunnya ayat ini adalah Tafsir Ibnu Katsir, namun setelah diperiksa ternyata Ibnu Katsir sendiri melemahkan riwayat yang menyatakan ayat ke 55 ini turun karena Ali ibn Abi Thalib dan menegaskan bahwa sebab turunnya ayat-ayat al-Maidah ini adalah untuk Ubadah ibn as-Shamit Radhiyallalu ‘Anhu.

Sebelumnya, Ibnu Katsir menjelaskan makna (wa hum raki’un), bahwa kalimat ini bukan menunjukkan keadaan bagi orang yang berzakat sebab jika demikian berarti berzakat dalam keadaan ruku’ lebih afdhal dari berzakat tidak dalam keadaan ruku’ dan tidak ada seorang ulama pun yang mengatakan akan hal itu. Namun sayang JR tidak menyebutkan komentar Ibnu Katsir untuk sebab turunnya ayat ini, metode penetapan yang dipakai menyiratkan bahwa Ibnu Katsir sepakat dengan mazhab ini padahal itu jauh panggang dari api. (Tafsir Ibnu Katsir, Qs. Al-Maidah:55)

Tidak Mengakui Kedudukan Hadits perintah untuk kembali kepada “Al Qur’an dan Sunnahku”.
Terakhir, komentar Ustadz Rahmat, tentang hadits kembali pada Al Quran dan Assunnah yang didhaifkan. Sayang JR tidak kembali ke perkataan al-Albani sebagaimana kuatnya, ia merujukkan hadits al-Qur’an dan al-Ithrah ke beliau, padahal al-Albani menshahihkan keduanya. (Hadits al-Kitab dan Sunnahku dishahihkan dalam Shahih at-Targib wat Tarhib, Hadits No. 40)

Hadits Itrati kalau dilanjutkan dalam As-Shahihah al-Albani sangat jelas mengatakan orang-orang Syiah menggunakan hadits ini untuk membenarkan mazhab Rafidhah dan hal itu sama sekali tidak benar, tidak seperti itu, beliau bantah dalam kitab tersebut, bahkan dalam mukaddimah kitab tersebut.

Kitab lain yang dipakai oleh JR dalam membenarkan mazhabnya adalah Kitab as-Shawaiq al-Muhriqah karangan Ibnu Hajaral-Haitami, justru kitab itu untuk membantah Syiah, judulnya adalah: as-Shawaiq al-Muhriqah fi ar-Raddi ala Ahli ar-Rafdhi wa ad-Dhalali wa az-Zandaqah , ini bantahan Syiah yang “menuhankan” Ahlul Bait, namun sayang JR tidak jujur dalam mengambil pendapat-pendapat penulis.

“Seandainya ada waktu mengecek semua riwayat ini (dalam makalah JR), saya yakin bahwa riwayat-riwayat dalam buku tersebut, tidak seperti yang diinginkan Kang Jalal dalam Istidlalnya”, tegas Ustadz menutup komentarnya.

Pada kesempatan kedua, Ustadz Muh.Said Abd.Shamad, Lc mengutarakan komentarnnya. Ketua Dewan Syariah WI ini diawal pembicaraannya mengusulkan agar pembicaraan ini tuntas, “ Biar sampai jam 1 malam saya siap, karena kita mencari kebenaran”, katanya.

Ustadz juga sangat menyesalkan kepada panitia karena makalahnya tidak dibagikan sebelum hari H, sehingga tidak punya banyak waktu untuk mengkritisi.

Mencela dan Melaknat Sahabat Amr bin Ash
Pada sisi yang lain, Ustadz mengingatkan tulisan Supha Atana pada konferensi Syiah di Makassar beberapa waktu lalu, yang berjudul “Mahzab Cinta dan Akhlak” yang banyak memuji JR sebagai Ulama dan Cendikiawan yang paling intens membicarakan dan menganjurkan Mahzab Cinta dan Akhlak. Supha Atana yang sekarang Pimpinan Iran Corner Unhas mengatakan juga bahwa andaikata tidak karena cinta dan akhlak maka setiap hari kita akan mengkafirkan orang lain.

Dan dalam forum malam ini JR mengemukakan hadits yang menurutnya sudah banyak dilupakan oleh kaum muslimin, yaitu bahwa darah kamu, harta kamu dan kehormatan kamu diharamkan dan tidak boleh dirusak . Ungkapan di atas sangat bertolak belakang sekali dengan tulisan JR dalam bukunya terbitan 2008 yang lalu yang sangat mempermalukan dan mengkafirkan Sahabat Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Dalam buku tersebut JR menyebut Sahabat Amr bin Ash Radhiyallahu Anhu sebagai anak haram yang tidak diketahui bapaknya secara pasti dan dia sangat banyak dilaknat oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Siapa yang dilaknat oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berarti dilaknat oleh Allah.

Ternyata kitab rujukan JR adalah kitab golongan Syiah yang memang sangat membenci Sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan sangat banyak memalsukan keterangan-keterangan dengan dalil-dalil yang lemah yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, sehingga Imam Syafii mengatakan bahwa golongan yang paling berani dan paling banyak membuat kepalsuan dan dusta ialah golongan Syiah.

Padahal Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memuji Amr bin Ash dengan sabdanya: Manusia sekedar masuk Islam, tapi Amr Bin Ash masuk Islam dengan iman (Hadits Shahih riwayat Ahmad dan Tirmidzi). Juga Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: Kedua anak al Ash (termasuk Amr bin Ash) adalah orang berimannya Qurais. Beliau masuk Islam dalam perjanjian Hudaibiyah kemudian ditugaskan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memimpin tentara Islam dalam perang Dzat al salasil dan selanjutnya ditugaskan sebagai penguasa di Oman. Beliau terkenal sebagai Panglima Islam yang banyak merebut daerah-daerah baru termasuk Palestina dan sekitarnya serta negeri Mesir, maka beliau ditunjuk sebagai Gubernur di Mesir oleh Muawiyah RA pada tahun 38 H. Beliau meriwayatkan 39 hadits dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (lihat Nushatul Muttaqin Syarah Riyadul Shalihin Hal.1324). Oleh karena itu Ustadz Said meminta JR mempertanggung jawabkan tulisannya dengan dalil yang Shahih.

Mengkafirkan Sahabat Muawwiyah Radhiyallahu ‘Anhu
Selanjutnya, JR menulis tentang Sahabat Muawwiyah Radhiyallahu ‘Anhu bahwa dia itu bukan saja fasik bahkan Kafir menurut riwayat versi Syiah. Ustadz Said sangat tersinggung akan hal tersebut.

Kata Ustadz, Muawiyah, iparnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan penulis wahyunya. Mungkinkah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memilih orang yang berjiwa kafir sebagai Penulis Wahyu? Juga Muawiyah Radhiyallahu ‘Anhu ditunjuk oleh Khalifah Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘Anhu dan sesudahnya Khalifah Utsman juga menunjuk sebagai Gubernur di Syam. Bahkan beliau menjabat sebagai Khalifah sesudah Hasan bin Ali Radhiyallahu ‘Anhu sekitar 20 tahun. Beliau meriwayatkan hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebanyak 130 (lihat Nushatul Muttaqin Syarah Riyadul Shalihin Hal.1330).

Dan ternyata Muawwiyah Radhiyallahu ‘Anhu telah didoakan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam: Ya Allah jadikanlah iya orang yang memberi petunjuk, orang mendapat petunjuk dan berilah petunjuk manusia dengannya (Hadits Shahih riwayat at Tirmidzi). Begitu banyak kelebihan Muawiyah yang tidak dapat disebut satu per satu dapat kita lihat diantaranya dalam kitab al ‘awashim min al qawasim hal.202-210 karangan al Qadhi Abi Bakr al Arabi

Bukan itu saja bahkan JR menulis dari sumber yang sama bahwa Muawiyah itu tidak senang mendengar nama Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam selalu disebut dalam Adzan dan menganggapnya sebagai tanda bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sangat ambisius karena tidak senang kecuali namanya digandengkan dengan nama Allah Rabbul Alamin.

Beginikah Mahzab cinta dan akhlak?dan beginikah menjaga kehormatan kaum muslimin?

“Kami, Pak Jalal, sangat sakit hati kalau keluarga kami dicela, apalagi dikatakan anak haram, dan dikafirkan. Tapi kami lebih sakit hati lagi kalau Sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dikatakan anak haram, tidak ditau orangtuanya, dikatakan kafir”, Ungkap Ustadz dengan nada sedikit tinggi.

Lanjut Ustadz, Kalau tulisan JR yang berdasarkan keterangan yang lemah tersebut diterima, berarti kita mendustakan al Quran dan Hadits yang Shahih yang sangat banyak memuji para Sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Dan juga dapat berdampak kita meragukan al Qur’an yang telah dikumpulkan oleh para Sahabat dan juga menunjukkan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak mampu mendidik para Sahabatnya dengan baik. Naudzu Billahi min Dzalik dan sangat mengherankan JR sampai hati menulis tentang Sahabat dengan secara keji.

Ustadz sempat membacakan surah al Fath ayat 29: “Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir”, Imam Malik mengatakan, orang-orang Syiah yang benci terhadap Sahabat adalah orang kafir berdasarkan ayat ini.

Fathimah Melaknat Abubakar Radhiyallahu ‘Anhu (Pada akhirnya dikatakan Rasulullah dan Allah Melaknat Abubakar)

Dalam buku kecil yang memuat ceramah Asyura, JR mengatakan bahwa Fatimah Radhiyallahu ‘Anha telah mengutuk Abubakar Radhiyallahu ‘Anhu karena tidak memberikan kepadanya harta peninggalan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Hal tersebut dibenarkan oleh JR berdasarkan hadits bahwa Fathimah itu adalah bahagian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Apa yang menjadikan Fathimah murka berarti Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga akan murka dan melaknatnya dan apa yang dilaknat oleh Rasul berari dilaknat oleh Allah. Lalu JR membaca ayat surat al ahzab ayat 58.

Ustadz Said mengatakan bahwa sebenarnya Abubakar Radhiyallahu ‘Anhu tidak memberikan harta peninggalan tersebut karena berdasarkan hadits yang shahih bahwa para Nabi itu tidak diwarisi, harta yang dia tinggalkan adalah menjadi sedekah (Hadits Bukhari Muslim).

Dan dalam hadits yang lain disebutkan bahwa Fathimah telah memaafkan Abubakar Radhiyallahu ‘Anhu diahir hayatnya, setelah Abubakar datang menjenguknya dan meminta ridhanya (Hadits Riwayat Baihaqi dengan sanad yang kuat, lihat albidayah wa al Nihayah Juz V Hal.253)

Di akhir sesi dialog, Ustadz Said dengan lantang menantang JR untuk berdiskusi pada waktu yang lain dan menegaskan bahwa Sunni-Syiah tidak akan mungkin dapat dipertemukan. Alasannya karena Sunni sangat menghormati Sahabat Abubakar, Umar, dan Ustman dan Ali Radhiyallahu ‘Anhu Ajmain, sedangkang Syiah hanya mengakui Syaidina Ali Radhiyallahu ‘Anhu dan sangat mencerca tiga sahabat sebelumnya serta menganggap bahwa melaknat seluruh Sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam selain ahli bait dan pengikutnya, sebagai ibadah.

Lain halnya dengan Ustadz Ikhwan yang menjadi penanggap berikutnya, Ustadz memulai dengan sedikit nostalgia pada masa SMU, terkesan dengan buku karangan JR yang berjudul Islam Alternatif, “lama-kelamaan saya menyadari barangkali yang dimaksud JR Islam alternatife itu adalah Syiah”, ungkap Ustadz dengan nada bertanya.

Komentar Wakil Ketua Umum DPP WI ini selanjutnya, tentang ketertarikannya dengan ungkapan JR mengenai orang Syiah yang ahlul wara wal wafa, orang yang obyektif dan adil dalam memberi penilaian. Ustadz sedikit terusik, dikatakan JR dalam bukunya bahwa Imam Adzahabi menulis Mizanul I’tiqadi untuk memberi komentar kepada perawi dhaif.

Lanjut Ustadz, justru dalam mukaddimah Mizanul I’tiqadi diungkapkan bahwa, Imam Adzahabi mengatakan “saya tidak mengatakan semua yang saya sebutkan dalam buku saya, adalah perawi-perawi dhaif, tetapi orang-orang yang dianggap dhaif”. Maka dapat dikatakan itu adalah mizan (timbangan), apakah benar itu dhaif atau tidak.

“Makanya saya semakin terusik lagi ketika sempat membaca kitab al Mustafa pada bagian masa muda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, Pak Jalal di situ mengomentari seseorang yang sangat terkenal, Sufyan Ats Sauri disebut :yudallis (mengelabui) wayaktubu anil kadzabin (pembohong). Saya merasa terheran-heran karena sebelumnya saya pernah membaca tahzibut tahdzib Ibnu hajar, sebagian ulama mengatakan bahwa beliau adalah amirul mukminin fil hadits. Di buku Mizanul I’tidal Di buku Mizanul I’tidal, ternyata Sufyan Ats Tsauri adalah al Hujjah Ats Sabtu (Sumber yang dipercaya), ada kata yang tidak dimasukkan kang jalal, saya tidak tahu apakah itu kutipan langsung atau kutipan antara dari kitab sirah an nabi al a’dham.

Dikatakan bahwa: Laa ‘ibrata liman qala innahu yudallis (mengelabui) wayaktubu anil kadzabin, yang artinya : tidak ada atau tidak dianggap (ini kata yang tidak dimasukkan), orang yang mengatakan bahwa ats Tsauri melakukan tadlis dan menulis dari orang-orang dusta. Sekali lagi saya tidak tahu dan saya tidak ingin menghakimi di sini apakah Pak Jalal menyengajakan diri mengutip atau tidak membaca”, terang Pengurus MUI Kota Makassar ini.

“Saya berharap bahwa kita dapat berjumpa di dalam media yang lebih tepat, dalam dialog yang lebih sehat dan dalam ruang yang lebih obyektif”, tutup Ustadz dalam komentarnya.`

Senada dengan Asatidzah Wahdah, Dr.Hj.Amrah Kasim, MA, Dosen UIN Alauddin Makassar di awal komentarnya menyatakan penolakannya terhadap ajaran Syiah. Lulusan Al Ahzar Kairo ini pernah menanyakan ke Ulama-ulama Al Ahzar, kenapa referensi Syiah tidak diajarkan di kampus yang dikenal menara ilmu ini. Lalu Ulama-ulama Al Ahzar menjawab: “Ya Binti, nahnu nuhibbu Rasulallah wa Ahlal Bait, wa lakin laa natasyayya’ ”, disambut teriakan Alllahu Akbar dari beberapa peserta, artinya: kami mencintai Rasulullah dan Ahlul Bait dan kami tidak bersyiah. “Sikap saya seperti itu juga, saya mencintai Rasulallah, Ahlul Bait tapi saya tidak bersyiah”, tegas yang mengaku Azhary ini di dalam forum itu.

Kesalahan Fatal Menerjemahkan Penggalan Surah Al Maidah:55 dan Surah Al Ahzab:33
Yang kedua, yang dikomentari Direktur Pesantren Putri IMMIM Makassar ini setelah menyimak buah-buah pikiran JR. Kesalahan fatal JR dalam penerjemahan surah al Maidah:55 dalam penggalan ayat, …innama waliyyukum…. “ , suatu kekeliruan menerjemahkan innama menjadi sesungguhnya. “innama itu, tidak bisa diterjemahkan sesungguhnya di situ, itulah salah satu perilaku orang Syiah dalam membelokkan makna ayat untuk kepentingannya”, jelas Istri Doktor Tafsir Al Ahzar, DR.Mustamin Arsyad MA ini.

Berikutnya, yang fatal sekali, tidak dimasukkannya Istri Nabi dalam Ahlul Bait. “Keluarnya zaujati Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dari Ahlul Bait, saya pikir ini adalah suatu kekeliruan besar (disambut ucapan Allahu Akbar dari Ustadz Said). Saya banyak mengkaji buku-buku Syiah, memang metodenya sama, banyak membelok-belokkan makna ayat “, tegasnya lagi.

Sementara itu, JR dalam jawabannya mengakui kesalahannya, termasuk tanggapannya terhadap Dr. Hj. Amrah, tentang kesalahannya dalam menerjemahkan Al Qur’an surat Al Maidah: 55, JR minta maaf.

Sebagai kesimpulan dari dialog tersebut, JR yang terpojok dialog ini akhirnya berkilah kalau dirinya bukan syiah, “Saya cinta ahlul bait, dan Saya tidak jadi Syiah, (lalu dilanjut) tapi Syiah menurut definisi saya, dan itu definisi yang diajarkan oleh para iman ahlul bait kami,” kilah JR. Meskipun dari ucapan itu dapat dipahami hanyalah kedok semata, sebab selama ini JR selalu mengagung-agungkan mazhab Syiah, termasuk banyak mengangkat referensi syiah, bahkan JR dianggap sebagai pelopor Syiah di Indonesia.

Sebagai penguat, kami kutip dua sms dari salah seorang tokoh dan pengamat Islam yang hadir malam itu ke asatidzah Wahdah:

“TADI MALAM, IJABI LAKSANA MULAI MENGGALI LUBANG KUBURNYA SENDIRI. MESKIPUN TAMPAKNYA MEREKA TDK MENYADARI DAN BOLEH JADI JUSTRU SEBALIKNYA.”

“ ALHAMDULILLAH. SAYA TERINGAT, SEBGMNA KETIKA BUKU ISLAM ALTERNATIF DITIMBANG O/ORG DEWAN DAKWAH, KETIDAKJUJURAN (KELICIKAN?) KG JALAL SEMALAM, KEMBALI TERULANG-PAMER REFERENSI. TAPI MENGUTIP SEC TIDAK FAIR. SMOGA KG JALAL MAU MENYADARINYA. WALLAHU A’LAM”

Kepada para pengagum dan pengikut JR agar tidak menelan mentah-mentah pemikiran JR, yang banyak mengambil dalil dan pendapat Ulama Ahlussunah secara sepotong-potong yang “menguntungkan” mazhabnya sendiri, namun perkataan yang membantah mazhab tersebut dari ulama yang sama tidak akan dikutip bahkan meskipun datang dalam konteks dan rujukan yang sama. Semoga Allah menunjuki kita semua jalan yang lurus dan mengembalikan ke jalan lurus itu orang-orang yang tersesat dan menyimpang.
wahdah.or.id
Selengkapnya...

KAUM RAFIDHAH DAN PENISTAAN TERHADAP HARAMAIN

Syekh Prof. Dr. Nashir al-‘Umar

Tidak satu pun orang yang berpikir obyetif meragukan bahwa tindakan-tindakan provokasi yang belakangan ini dilakukan Kaum Syiah Rafidhah terhadap petugas keamanan dan warga sipil di Kota Madinah Munawwarah bukanlah yang pertama dan tidak akan menjadi yang terakhir.

Sebab “memicu huru-hara” terhadap kaum muslimin adalah tradisi mereka sejak pertama kali di tangan Ibnu Saba’ al-Yahudi, dengan syarat: mereka telah merasa memiliki dukungan yang kuat dari diri mereka sendiri dan-tentu saja-para pemuka agama mereka yang sepanjang sejarahnya memiliki spesialisasi melakukan makar dan konspirasi terhadap kaum muslimin sebagai musuh utama mereka, untuk tidak mengatakan musuh mereka satu-satunya. Dan inilah yang ditegaskan oleh kitab-kitab mereka yang lalu terefleksikan oleh bukti dan fakta dalam lembaran sejarah Islam di berbagai era dan daulahnya.

Kelompok yang meyakini taqiyah sebagai agama mereka-bahkan 9/10 agama mereka!- ini akan bersikap tenang dan tunduk selama umat manusia menyadari konspirasi mereka serta mewaspadai program-program tersembunyi mereka, dengan tentu saja tetap menanamkan kuku-kuku mereka sembari menunggu kesempatan untuk melakukan pengkhianatan secepat kilat. Namun mereka tetap bersiap untuk melakukan “serangan terbuka” jika merasa cukup aman dari hukuman yang keras. Persis seperti ungkapan bijak: “Orang yang merasa aman dari hukuman, niscaya akan melakukan perilaku yang buruk.”

Dan bukti nyata yang dapat diraba oleh semua orang adalah terjadinya perubahan strategi mereka dari ”sembunyi-sembunyi” menjadi ”terang-terangan” untuk mengeluarkan kebencian turun-temurun dalam hati dan pikiran mereka ketika Khomeni menyerukan dengan jelas apa yang ia sebut dengan ”mengekspor Revolusi Iran”-sebuah kata yang bermakna: menggerakkan agen-agen Syiah sesuai dengan posisi kekuatan mereka dan untuk memenuhi tuntutan kemaslahatan para Ayatullah di Qum-.

Itu semua telah terjadi di Irak, hingga kemudian para petinggi Syiah Rafidhah melakukan invasi ke sana dengan mengendarai tank-tank Pasukan Pendudukan Amerika sekitar 6 tahun yang lalu. Sebagaimana juga terjadi di Lebanon, hingga akhirnya salah satu pasukan Pengawal Revolusi Iran yang bernama Hizbullah berhasil menguasai seluruh keputusan politis Lebanon.

Sementara di Jazirah Arabia, persoalannya jauh lebih rumit dan dalam. Kelompok ini menyadari benar bahwa Da’wah Salafiyyah adalah musuh utama mereka, karena dakwah ini menelanjangi semua perilaku bid’ah, khususnya yang mughallazhah (berat), dengan menggunakan dalil syar’i dari al-Qur’an dan al-Sunnah sesuai dengan pemahaman al-Salaf al-Shalih terhadap kedua sumber itu.

Itulah sebabnya, kaum Syiah Rafidhah selalu memberikan porsi khusus yang lebih besar dari kedengkian mereka terhadap Jazirah Arabiyah. Dan berbagai debat dan diskusi di stasiun-stasiun televisi serta jaringan dunia maya kemudian semakin memperkuat kelemahan dan kekalahan mereka di hadapan para pengikut mereka sendiri.

Di Saudi Arabia sendiri upaya provokasi menggerakkan kaum Syiah di Propinsi al-Qathif untuk melawan negara dan masyarakat telah dimulai sejak tahun 1400 H. Belum lagi gerakan demo politik kemudian peristiwa berdarah di Mesjidil Haram dan di Musim Haji yang telah diharamkan oleh Allah untuk melakukan debat, perilaku keji dan kefasikan di dalamnya. Seandainya tidak ada tindakan tegas dari pemerintah Saudi terhadap kebatilan mereka, mereka pasti tidak akan berhenti untuk melakukan upaya-upaya berdarah berkali-kali.

Kemudian setelah itu, kelompok ini mengkosentrasikan makar mereka pada Kota Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa sallam. Mereka menganggap di sana peluang mereka lebih besar disebabkan adanya Pekuburan Baqi’, yang melalui ziarah-ziarah mereka di sana mereka dapat menyebarkan racun-racun mereka. Ditambah lagi adanya komunitas-komunitas Syiah di kota itu merupakan modal strategis untuk mengobarkan fitnah dan konflik. Dan itu telah terjadi berkali-kali, yang paling terakhir adalah peristiwa yang terjadi beberapa hari lalu. Dimulai dengan mencari-cari masalah dengan petugas hisbah (Amar ma’ruf nahi munkar), yang kemudian dilanjutkan dengan memancing emosi petugas keamanan dan upaya untuk merusak mobil-mobil mereka dengan kuat.

Mereka (Syiah) pura-pura tidak tahu bagaimana kondisi kaum muslimin di Iran, terutama paska hegemoni para pemuka agama Itsna ’Asyariyah (sekte Syiah yang menguasai Iran-penj) terhadap kekuasaan di sana. Mereka juga berlagak lupa bagaimana sikap toleran kaum muslimin terhadap mereka yang seringkali sampai pada taraf yang berlebihan (seperti kasus upaya untuk melakukan taqrib atau pendekatan antara Ahlussunnah dan Syiah-penj). Dan sikap toleran ini dibuktikan dengan tetap eksisnya sisa kelompok mereka di Kota Madinah Nabawiyah, yang sejak era kenabian hingga hari ini berada dalam kekuasaan Ahl al-Tauhid (pengikut jalan Tauhid).

Dalam tataran yang lebih luas, para pengamat mencatat semakin meningkatnya frekwensi ”kasak-kusuk” Kaum Rafidhah di kawasan negara-negara Teluk, mulai dari Kuwait hingga Emirat Arab dan Bahrain, juga dengan memanfaatkan unsur-unsur lokal untuk menggoyang stabilitas keamanan, seperti ditunjukkan oleh usaha mereka memasukkan al-Faly ke Kuwait meskipun pihak keamanan telah mengeluarkan larangan untuk itu. Seperti juga yang dilakukan oleh simbol Rafidhah untuk merusak stabilitas keamanan di Bahrain…

Dan bukan rahasia lagi bahwa rencana-rencana makar Kaum Rafidhah sangat mengambil manfaat dari antek-antek sekulerisme di wilayah ini. Kaum Syiah berinteraksi dengan baik bersama mereka, sembari tetap memusuhi kaum muslimin dengan penuh kontradiktif, secara terungkap maupun tertutup. (Transl by Amal, dari www.albainah.net)
wahdah.or.id
Selengkapnya...

Persamaan Syiah dengan Yahudi

Syiah didirikan oleh yahudi yaman bernama Abdullah bin Saba'. maka dari itu Aqidah Syiah sama dengan Aqidah Yahudi. Mahu tahu kesamaan Aqidah mereka? Ikuti Pemaparan Ringkas Berikut Ini…

Yahudi berkeyakinan Pemerintahan Harus dari Keluarga Daud. Syiah-pun berkeyakinan Pemerintahan Harus dari Keluarga Ali

Yahudi berkeyakinan tidak ada jihad fi sabilillah kecuali setelah muncul al-masih al-muntazar dan menyeru dari langit. Syiah-pun berkeyakinan tidak ada jihad fi sabilillah kecuali setelah muncul al-mahdi yang turun dari langit

Yahudi melewatkan shalat maghrib sehingga keluar binatang di langit begitu juga dengan syiah

Yahudi berkeyakinan Talak tiga tidak sah, begitu juga dengan keyakinan syiah

Yahudi berkeyakinan wanita tidak ada iddah, begitu juga dengan keyakinan syiah

Yahudi Menghalalkan darah kaum muslimin, begitu juga dengan syiah

Yahudi Menyelewengkan taurat, begitu juga dengan syiah yang menyelewengkan Al-Qur’an

Yahudi Membenci jibril a.s. dan mengatakan “dia adalah musuh kami dikalangan malaikat”. Begitu juga dengan syiah yang membenci malaikat jibril dan mereka mengatakan “Jibril salah memberikan wahyu kepada Muhammad yang seharusnya diberikan kepada ‘Ali”

Yahudi tidak makan daging unta, begitu juga dengan syiah.

Yahudi mengharamkan arnab dan tuhhal, begitu juga dengan syiah

Yahudi tidak ada hukum menyapu khuf (sepatu), begitu juga dengn syiah

Yahudi menuduh Maryam Pezina. Sedangkan syiah menuduh Ummul Mukminin ‘Aisyah berzina. Karena inilah imam malik mengkafirkan syiah.

Kalau kita Tanya kepada yahudi: “siapakah yang terbaik di kalangan penganut agamamu?” Orang yahudi menjawab: “Sahabat nabi musa a.s”

Kalau kita Tanya kepada nasrani: “siapakah yang terbaik di kalangan penganut agamamu?” Orang nasrani menjawab: “Sahabat nabi Isa a.s ”

Kalau kita Tanya kepada kalangan rafidhah: “siapakah yang paling jahat dikalangan penganut agamamu?” Orang syiah menjawab: ”Sahabat rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam”
Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=XxuqRean6t0
Selengkapnya...

Mengapa Saya Keluar Dari Syiah? (Resensi Buku)

Judul Asal : Lillahi Tsumma Li at-Tharikh (Untuk Allah Kemudian Untuk Sejarah)
Judul Buku : Mengapa Saya Keluar Dari Syiah?
Penulis : Sayid Husain al-Musawi
Penerbit : CV. Pustaka al-Kautsar, Jakarta Timur, August 2002
Pengedar : Pustaka Indonesia, Wisma Yakin, Kuala Lumpur.

Peristiwa di mana Ulama'-Ulama' besar Syi'ah keluar dari aliran sesat ini memang sudah tidak asing lagi malah ada di antara mereka yang disembelih dan
dicincang mayat mereka setelah mereka secara terbuka bertaubat dari fahaman sesat lagi merbahaya ini. Antara tokoh-tokoh Syi'ah yang bertaubat adalah Ayatullah Uzhma Imam Sayid Abul Hassan al-Asfahani, Sayid Ahmad al-Kasrawi, al-Allamah Sayid Musa al-Musawi, Sayid Ahmad al-Katib, Abu al-Fadhl al-Burqui dan lain-lain lagi. Buku yang sedang diulas ini adalah berkenaan dengan Sayid Hussain al-Musawi seorang
mujtahid dari alirang Syiah yang kemudiannya mengumumkan secara terbuka bahawa beliau bertaubat dari aliran sesat ar-Rafidhah ini dan beliau mendetailkan bukti-bukti kesesatan Syi'ah yang diambil dari kitab-kitab muktabar mereka sendiri.

Sayid Hussain al-Musawi dilahirkan di Karbala dan mendapat pendidikan di kota ilmu (hauzah) di Najaf. Beliau telah lulus dengan cemerlang di situ dan
dianugerahkan derajat Ijtihad oleh tokoh besar Ulama' Syi'ah iaitu Sayid Muhammad Hussain Ali Kasyif al-Ghita.

Selama masa beliau mendalami kitab-kitab Syi'ah ketika pengajian beliau selalu menjadi bingung dengan percanggahan yang begitu banyak terdapat dalam
kitab-kitab muktabar ajaran Syi'ah. Tapi beliau cuba menyedapkan hati beliau dengan menyatakan kepada diri beliau sendiri sebagai seorang yang buruk pemahaman
dan sedikit ilmu. Pernah beliau melontarkan keraguan beliau kepada salah seorang tokoh di Hauzah dan tokoh itu hanya menjawab "jauhkanlah keraguan itu dari
dirimu, kamu adalah pengikut Ahlul Bait AS, sedangkan ahlul bait menerimanya (agama syiah) dari Muhammad SAW, dan Muhammad SAW menerimanya dari Allah SWT." Beliau merasa tenang sebentar namun perasaan berkecamuk antara kebenaran dan kebathilan syiah sentiasa bermain di jiwa beliau. Semakin mendalam pengajian beliau
semakin banyak permasalahan timbul dan semakin bergelora perang batin dalam jiwa beliau. Setelah tamat pengajian di Hauzah perang batin dalam jiwa
beliau berterusan.
Setelah lama merenung keadaan ini maka beliau mengambil keputusan untuk melakukan kajian yang komprehensif dan mengkaji ulang seluruh materi pelajaran yang pernah beliau dapatkan. Beliau membaca sebanyak mungkin referensi pegangan serta kitab-kitab
Syi'ah. Segala kebingungan atau percanggahan beliau tuliskan dalam lembaran-lembaran kertas dan beliau simpan semoga pada suatu hari Allah menetapkan satu keputusan. Peristiwa al-Allamah Sayid Musa al-Musawi dan Sayid Ahmad al-Katib dua tokoh besar Syi'ah yang bertaubat dan kembali kepada Ahlus Sunnah Wal Jamaah
seolah-olah menjadi petunjuk bagi beliau bahawa masanya juga sudah tiba untuk beliau mengistihar keluar dari fahaman yang sesat ini. Beliau berpendapat kini giliran beliau sudah tiba untuk menyatakan kebenaran untuk menyelamatkan rakan-rakan beliau yang telah tertipu. Bagi beliau sebagai seorang ulama adalah tanggungjawab beliau untuk menjelaskan kebenaran walaupun ianya sungguh pahit untuk ditelan.

Maka Sayid Hussain al-Musawi pun mengarang sebuah buku yang membongkar kesesatan-kesesatan Syi'ah. Yang menariknya tentang buku ini adalah beliau menggunakan sumber Syi'ah sendiri untuk membongkarkan konspirasi musuh-musih Islaam untuk melemahkan Islaam dari dalam seperti musuh dalam selimut. Antara topik menarik yang beliau kupaskan adalah seperti berikut :

a) Abdullah Ibnu Saba' satu individu fiktif/rekaan
yang dicipta oleh Ahlu Sunnah Wal Jamaah dalam rangka
untuk memburukkan Syi'ah. benarkah begitu? Apa kata
sumber Syi'ah sendiri mengenai Abdullah Ibnu Saba.

b) Kata-kata kecaman dari kalangan Ahlul Bait sendiri terhadap Syi'ah. Beliau telah menurunkan kata-kata kecaman dari Saidina Ali RA, Saidatina Fathimah RA, Al-Hassan RA, al-Hussain RA dan Imam-Imam dari kalangan Ahlul Bait terhadap Syi'ah. Benarkah Syi'ah ini pembela Ahlul Bayt atau mereka sebenarnya pemusnah/penghina Ahlul Bait? Kita lihat sendiri Riwayat-riwayat syi'ah yang menghina Rasulullah SAW dan Ahlul Baitnya. Apakah kaitan Syi'ah di Kufah dengan tragedi pembunuhan Saidina Hussain RA? Kesemuanya riwayat-riwayat tentang hal ini di ambil
dari sumber syi'ah sendiri!

c) Sayid Hussain al-Musawi juga membongkarkan bagaimana Syi'ah menghalalkan perzinaan dengan menggunakan Nikah Mut'ah, bagaimana perempuan diperlakukan sebagai objek memuaskan hawa nafsu atas nama Mut'ah. Sungguh menjijikan sekali. Yang paling menggemparkan kisah Nikah Mut'ah Ayatollah Khomeini al-Musawi dengan kanak-kanak bawah umur dan apakah panadangan Ulama' syi'ah akan hal ini? Bagaimana pula melakukan adengan Homoseks dengan kanak-kanak lelaki yang masih belum
tumbuh janggutnya dan kumisnya. Beliau juga membawa Riwayat dari Amirul Mukminin Saidina Ali RA yang menyatakan bahawa Mut'ah telah diharamkan pada hari Khaibar. Semua pendedahan ini diambil dari sumber Syi'ah sendiri!

d) Bagaimana Harta Khumus (1/5 bahagian untuk Ahlul Bayt) telah dipergunakan untuk kemewahan Ulama'-Ulama Syi'ah.

e) Apakah pandangan mereka tentang al-Quraan? Adakah al-Quraan yang ada pada kita hari ini lengkap? Wujudkah al-Quraan yg lain selain dari apa yang kita baca hari ini?

f) Apakah pandangan Syi'ah terhadap Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Siapakah yang berkata kalimah ini, "Mereka (ASWJ) adalah orang-orang kafir yang najis berdasarkan Ijma' ulama' Syi'ah Imamiyah. Mereka lebih jahat dari Yahudi dan Nasrani."?

g) Pengaruh Yahudi, Majusi dan lain-lain dalam Syi'ah

h) al-Qaim (Imam Mahdi) menurut Riwayat Syi'ah yang menyerupai watak Dajjal dan banyak lagi perkara-perkara yang menggemparkan. Kesemuanya diambil dari sumber rujukan Syi'ah sendiri.

Insya-Allah buku ini amat berguna sekali untuk mereka yang telah terpengaruh dengan Mazhab Ahlul Bait / Syi'ah di Malaysia ini dan juga untuk kita yang
mungkin akan didatangi oleh da'i-da'i Syi'ah. Syaikh Mamduh Farhan al-Buhairi seoarang pakar tentang Aliran syi'ah juga berkata sebagai kata Pengantar untuk buku
ini, "Ini (buku Lillahi Tsumma Li at-Tharikh) saya kirimkan kepada orang-orang yang masih berbaik sangka kepada Syi'ah dan yang menuntut agar menggauli mereka dengan
baik dan lemah lembut, akibat kebodohan mereka terhadap al-Quraan dan sunnah Nabi SAW. Semoga mereka diberi petunjuk oleh Allah dan mempelajari Islam lebih dalam."

Selamat Membaca.

ABU IQBAL
http://groups.yahoo.com/group/assunnah/message/11727
Selengkapnya...